keputihan coklat bergumpal, sakit pinggang dan setelah kencing perut juga sakit

WS Info Penanya: WS, Wanita, 24 Tahun
Sore dok Saya ingin bertanya. Beberapa hari ini saya mengalaminya keputihan tapi bewarna coklat cair dan kadang bergumpal terus sakit juga dibagian pinggan kadang" Dan juga setelah kencing perut saya suka sakit dok. Itu knp yaa dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WS

Keputihan yang berwarna coklat bergumpal dapat menjadi tanda penyakit seperti kehamilan yang akan mengalami keguguran, penyakit radang panggul, infeksi pada serviks, dan kanker serviks. 

Pada wanita hamil yang akan mengalami keguguran biasanya mengalami keputihan berwarna coklat bisa jadi karena sedang berlangsung abortus. Jika memang sedang hamil maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter Sp.OG.

Pada penyakit radang panggul dan infeksi serviks biasanya kuman masuk dari luar ke vagina, menyebar ke organ dalam pelvik, nyeri dan keluar flek coklat sering terjadi. Biasanya pasien diberikan antibiotik untuk menghilangkan infeksi. 

Selain itu flek coklat juga dapat terjadi pada kanker serviks, selain keputihan berwarna coklat, dapat terjadi pengeluaran darah bergumpal saat berhubungan sexual. 

Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter Sp.OG untuk menemukan sumber keputihan coklat tersebut dan tatalaksana yang tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.