Keputihan cair seperti pipis di sertai perut kram itu apa normal?

A1 Info Penanya: A1, Wanita, 24 Tahun
Saya kan sempat mengalami keputihan bening cair seperti pipis tidak berbau dan tidak gatal selama 3hari disertai perut sakit seperti mau datang bulan, tapi setelah itu langsung tdk muncul keputihan lagi dan perut tdk sakit lagi sampai saat itu pun belum mensturasi. Itu normal atau gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Keputihan adalah mekanisme organ kewanitaan untuk membersihkan diri dan mengeluarkan kotoran ataupun sel mati, keputihan juga bisa bertambah dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Apa bila keputihan berubah warna, berubah konsitensinya, disertai gejala lain seperti gatal, bau yang khas, nyeri saat buang air kecil, nyeri perut, atau nyeri saat berhubungan sekual bisa menandakan adanya keputihan yang tidak normal.

Beberapa penyebab keputihan yang tidak normal sendiri adalah:

  • Infeksi bakteri
  • Infeksi jamur
  • Infeksi parasit
  • Infeksi menular seksual
  • Iritasi ataupun reaksi alergi

Untuk itu jika ada rasa tidak nyaman, bau dari keputihan perlu diwaspadai. Perlu menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan membasuh menggunakan air hangat, keringkan sampai benar-benar kering setelah buang air, mengganti pakaian dan pakaian dalam lebih sering terutama jika basah atau lembap.

Jika sering kali terjadi keputihan dan gejala yang mengganggu, sebaiknya dilakukan pemeriksaan. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri atau vaginitis maka dokter akan memberikan obat antibiotik yang tepat. Upayakan juga ketika menstruasi tidak menggunakan pembalut dalam waktu lama, bisa mengganti pembalut setiap 4 jam. Semgoa bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Keputihan saat hamil umumnya berwarna bening, encer, dan tidak berbau tajam. Jika keputihan berwarna kuning, berbau busuk, dan disertai gatal, kondisi ini bisa jadi tanda infeksi.