keputihan, bolehkah memakai pantyliner ?

YP Info Penanya: YP, Pria, 19 Tahun
Dokter sya mau bertanya..jika kputihan berupa bening dan kadang putih pekat ..apakah itu normal..dan obat apa yg tepat untuk menangani msalah saya dok ..apakah penggunaan pantyliner itu tidak baik..kerna smnjak sya mngalami keputiha selalu sya memakai pantyliner..Trimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak Y,

Untuk masalah pada wanita tentang keputihan, ditemukan pada 2 kondisi yaitu : keputihan normal dan keputihan yang tidak normal. 

Keputihan yang normal, lendir vagina encer, tidak berbau, tidak lengket dan bening, hal ini dialami oleh wanita pada saat:

  1. Sebelum dan sesudah haid
  2. Pada masa subur dan Puberitas
  3. Pada kehamilan
  4. Terangsang secara seks
  5. Pada masa Pramenopause dan Menopause
  6. Pada Orang tua

Keputihan yang tidak normal yaitu keputihan disebabkan adanya penyakit sistemik dan infeksi pada daerah vagina. Lendir vagina volumenya banyak, dapat berbau busuk, amis, berdarah, berbuih seperti kepala susu,berwarna hijau, putih pekat gatal dan perih, dll hal ini dialami oleh wanita pada saat:

  1. Adanya infeksi jamur, bakteri, virus pada vagina, kandungan dan saluran kencing
  2. Kurang gizi kronis
  3. Penyakit kanker / kaeganasan lain
  4. Penyakit Diabetes Melitus (Kencing Manis)
  5. Kelelahan fisik dan stres
  6. Memakai pakaian dalam dari bahan yang tidak menyerap keringat dan memakai celana terlalu ketat.
  7. Alergi terhadap pakaian dalam, panty liner, pembalut, cairan pembilas vagina lainnya.

Untuk itu, sesuai penyebab keputihan diatas, maka untuk mengatasi keputihan dan mencegah keputihan dapat dilakukan langkah – langkah berikut :

  • Pakai pakaian dalam yang menyerap keringat, sebaiknya terbuat dari bahan katun.
  • Jangan memakai celana terlalu ketat karena mengganggu sirkulasi udara dan peredaran darah sekitar panggul.
  • Bila tidak diresepkan oleh Dokter, sebaiknya tidak mencuci vagina dengan sabun antiseptik atau cairan pembersih lainnya, karena dapat membunuh kuman baik di daerah vagina dan menyebabkan pertumbuhan berlebihan dari kuman yang merugikan.
  • Hindari stress, istirahat cukup, maksimalkan Pola Hidup Sehat dan Gizi seimbang
  • Bila keputihan disebabkan oleh alergi, segera hentikan pemakaian bahan penyebab alergi dan kunjungi Dokter untuk memperoleh pengobatan lebih lanjut.

Untuk penggunaan pantyliner sebenarnya ada beberapa zat yang mungkin saja bisa menimbulkan reaksi alergi, namun berbeda-beda pada setiap orang. Selain adanya kandungan bahan kimia yang kemungkinan bisa menyebabkan alergi, perhatikan juga jenis-jenis pantyliner. Salah satunya yang akan menjaga Anda tetap merasa kering ketika keputihan. Sebaiknya jangan menggunakan pantyliner dalam jangka panjang.


Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Adanya benjolan, rasa gatal, dan pendarahan pada vagina bisa jadi tanda dari kanker vagina

Ciri-Ciri Kanker Vagina: Deteksi Dini dan Pencegahan

Berbeda dari kanker serviks, kanker vagina adalah kanker yang muncul pada bagian saluran yang menghubungkan rahim dengan bagian luar vagina. Ciri-ciri kanker vagina biasanya sulit untuk dideteksi. Namun, seiring makin menyebarnya kanker, ciri-ciri kanker vagina akan makin terlihat.