Keluar bercak kehitaman setelah selesai haid, apakah penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*
Dok saya mau tanya, saya selesai haid 1 Minggu ya, keputihan saya keluar berwarna hitam gitu biasa disaat saya mau buang air kecil ya, apa itu bahaya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Secara normal perdarahan yang terjadi ketika sedang mengalami haid dimulai dari adanya keputihan, keluarnya darah berupa bercak, darah cair, kekentalan, atau bahkan gumpalan, dan kemudian diakhiri dengan bercak perdarahan yang mengindikasikan berakhirnya masa haid. Seorang wanita dikatakan mempunyai lama haid yang normal ketika haid tersebut terjadi antara  3 sampai 7 hari. 

Sedangkan siklus haid ideal bagi wanita adalah 21 hari sampai dengan 35 hari. Kondisi-kondisi yang bisa menyebabkan terlambatnya siklus haid selain karena kehamilan adalah karena stres, kelelahan, obesitas, penurunan berat badan mendadak, efek samping penggunaan KB, atau karena adanya gangguan pada hormon dan atau pada organ reproduksi wanita.

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita, biasanya muncul menjelang haid, atau saat sedang dalam masa subur. Namun, keputihan yang berwarna kehijauan, kekuningan, berbau serta menimbulkan rasa gatal dan atau nyeri, tidak bisa disepelekan dan memerlukan pemeriksaan serta pengobatan. Keputihan yag tidak normal tersebut bisa dikarenakan oleh adanya infeksi bakteri, trikomoniasis, infeksi jamur, atau karena adanya penyakit menular seksual.

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, munculnya flek atau bercak kehitaman setelah haid bisa dikarenakan adanya spotting atau sisa dari siklus haid sebelumnya dan merupakan kondisi yang wajar terjadi. Namun, bila kondisi ini terjadi berulang kali dan disertai dengan rasa nyeri pada perut bawah atau rasa tidak nyaman pada vagina, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Pastikan Anda tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, gunakanlah pakaian dalam dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat seperti bahan katun, konsumsi makanan yang bergizi, dan hindari stres.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?