09 Oct 2019, 13:14Kulit & Kelamin

Keputihan berwarna putih susu yang berubah menjadi hijau disertai sakit perut bagian kanan

AR
Info Penanya: AR, Wanita, 49 Tahun
Dok awalnya saya mengalami keputihan yg berwarna putih susuDan itu agak lama, dan bahkan sebelum haid arau ssudah haidTpi akhir² ini sy mengalami keputihan yg bening seakan² ad air yg kluar dr V sayaBbrp hri kmudian warnanya berubah hijau. Dan rasa nyeri yg sangat sakit bgian perut sebelah kananItu kenapa yah dok?
33999 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, ARTerimakasih atas pertanyaannya.Keputihan yang berwarna putih susu tanpa disertai tanda dan gejala lain umumnya normal dialami oleh wanita. Akan tetapi, keputihan dinyatakan abnormal jika disertai aroma yang tidak sedap, rasa gatal, nyeri dan bengkak pada bibir vagina (vulva). Apabila disertai gejala dan tanda tersebut, dapat dicurigai adanya infeksi. Pada berbagai kasus, jika ada infeksi, tekstur keputihan dapat mengental dan berwarna kuning, kehijauan, atau bahkan coklat.Berikut beberapa penyebab keputihan berupa infeksi dan peradangan:
  • Gonorea
  • Chlamydia trachomatis
  • Peradangan serviks atau kanker serviks yang dapat disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus)
  • Infeksi organ reproduksi wanita seperti Pelvic Inflammatory Disease (PID)
  • Penyakit menular seksual
  • Trikomoniasis
  • Bakterial vaginosis
  • Infeksi jamur
  • Tampon yang tertinggal di dalam vagina
Pada kondisi Anda saat ini, keluhan keputihan berwarna kehijauan disertai sakit perut bagian kanan dapat terjadi karena infeksi bakteri, infeksi pada organ reproduksi seperti PID maupun infeksi Trikomoniasis Penanganan atau obat yang diberikan akan disesuaikan dengan diagnosis atau penyebab dari keluhan keputihan Anda. Untuk mendapatkan diagnosis yang akurat, sebaiknya Anda memeriksakan langsung kondisi Anda ke dokter Spesialis Kandungan atau ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, sehingga Anda mendapatkan penanganan yang tepat.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam Sehat,dr. Rahmita Dewi
trikomoniasisinfeksi bakterikeputihaninfeksi saluran reproduksi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil