Keputihan berwarna putih susu hingga agak coklat

RI Info Penanya: RI, Wanita, 22 Tahun
Dok saya ingin bertanya, saya mengalami keputihan berwarna putih susu, hingga agak coklat, selama 2 tahun ini dan belum memeriksakannya, apakah itu dapat memicu tidak bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RI,

Keputihan berwarna putih susu hingga kecoklatan dapat menandakan adanya keputihan yang tidak normal, penyebabnya sendiri seperti infeksi jamur, infeksi bakteri, ataupun penyakit menular seksual. Apabila sudah lama timbul, perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk mendapatkan penanganan. Anda juga nantinya akan diminta untuk melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan sampel cairan vagina, papsmear atau pemeriksaan lain untuk menentukan penyebabnya.

Penyebab sulit hamil sendiri beragam dimana tidak hanya wanita tetapi juga pria untuk itu apabila sudah lebih dari 1 tahun menikah dan belum hamil ada baiknya Anda dan pasangan memeriksakan diri sehingga bisa menentukan program hamil yang akan dijalani. Penyebab sulit hamil pada wanita sendiri beragam seperti diantaranya:

  • Gangguan saluran reproduksi seperti sindrom ovari polikistik
  • Kelainan struktur rahim
  • Faktor usia dimana semakin bertambah usia sel telur akan mengalami penurunan
  • Kelebihan berat badan
  • Infeksi saluran reproduksi dimana keputihan lama dapat berpengaruh
  • Kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, konsumsi kafein dan lainnya

Oleh sebab itu segera periksakan diri agar segera dapat diketahui dan Anda dapat segera hamil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keluarnya cairan menyerupai keputihan pascamelahirkan dapat menyebabkan masalah perkemihan

Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan

Sebagian ibu yang baru saja melahirkan biasanya mengeluarkan cairan menyerupai keputihan dari vagina. Cairan ini disebut dengan lokia yang keluar berupa gumpalan darah berwarna merah hingga cairan putih-kekuningan. Salah satu cara mengatasi lokia adalah menggunakan pembalut khusus selama beberapa hari setelah melahirkan.