25 Apr 2021, 14:30Kulit & Kelamin

Keputihan berwarna kuning kemerahan karena apa?

JR
Info Penanya: JR0
Halo dok, umur saya 25th belum menikah. Selama 7 (19-25April) hari ini saya keluar keputihan bercampur darah, terkadang kuning kecoklatan, kadang2 warna pink dan berbau. Tidak gatal, dan muncul setiap hari. Masa mesntruasi saya di awal bulan. Saya tidak melakukan aktivitas seksual, tidak hamil. Kira kira kenapa ya dokter? Mohon info dan sarannya, terima kasih ?
52 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang JR,Keputihan adalah hal yang normal terjadi dimana merupakan mekanisme organ kewanitaan untuk membersihkan dari sisa-sisa sel mati. Tetapi jika terjadi infeksi, keputihan bisa menjadi tidak normal. Beberapa tanda keputihan yang tidak normal sendiri diantaranya adalah:
  • Keputihan menjadi banyak
  • Perubahan konsistensi keputihan bisa menjadi lebih cari atau lebih kental
  • Adanya perubahan warna keputihan bisa menjadi kekuningan, putih, seperti keju, kehijauan ataupun kemerahan dan cokelat
  • Dapat menimbulkan bau yang khas
  • Menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri saat buang air kecil ataupun berhubungan seksual
Apabila belum pernah berhubungan seksual, keputihan yang tidak normal bisa terjadi karena faktor kebersihan organ kewanitaan yang kurang baik seperti misalnya jika sedang haid terlalu lama menggunakan pembalut. Penyebab yang paling sering sendiri adalah karena infeksi bakteri dan jamur. Untuk itu sebaiknya bisa memeriksakan kondisi Anda pada dokter untuk diberikan penangananan sesuai dengan penyebabnya.Bersihkan area kewanitaan dengan air hangat, hindari menggunakan sabun khusus kewanitaan agar tidak memicu pertumbuhan mikroorganisme lainnya dan hindari penggunaan pakaian yang ketat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan organ intimkelamin perempuankeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil