Keputihan berwarna hijau dan nyeri di vagina, apa penyebabnya?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Halo, saya mau tanya dokter, saya ada keputihan trus agak kental dan warna nya ijo, kata temen keputihan kya gni normal. apa ini wajar? tp pinggul kanan saya sakit trus nyeri juga di vagina nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Keputihan wajar dialami setiap wanita, namun bila keputihan disertai perubahan warna menjadi putih susu, kuning kehijauan, abu-abu, terasa gatal dan berbau busuk atau amis, maka Anda perlu waspada karena keputihan yang Anda alami kemungkinan besar tidak normal.

Keputihan dengan warna kehijauan perlu diwaspadai kemungkinan adanya penyakit trikomoniasis dimana merupakan salah satu penyakit menular seksual. Selain keluhan keputihan kuning kehijauan, bisa disertai dengan keluhan rasa gatal, panas, kemerahan di area kelamin, nyeri ketika kencing, serta keputihan yang berbau amis atau busuk.

Penyakit ini perlu segera ditangani untuk mencegah penularan ke pasangan atau orang lain dan menghindari komplikasi berupa kelahiran prematur, janin lahir dengan berat badan rendah, atau menular ketika janin dilahirkan bila kondisi Anda saat ini sedang hamil. Selain itu, dengan adanya penyakit trikomoniasis, akan membuat Anda lebih rentan terinfeksi penyakit lain seperti herpes genitalis, gonore, infeksi jamur, dll.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit bersama-sama dengan pasangan agar bisa diobati secara bersama-sama, dan selama masa pengobatan hindari berhubungan seksual.

Anda dan pasangan juga perlu mengingat untuk saling setia, tidak berganti-ganti pasangan ketika berhubungan seksual dan gunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda-tanda yang perlu diketahui

7 Tanda Infeksi Saluran Reproduksi, Nomor 4 Banyak Dialami Wanita!

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda yaitu keputihan abnormal, gatal pada kelamin, nyeri perut bagian bawah, nyeri menstruasi, ruam di selangkangan.