keputihan berwarna coklat seperti gumpalan keju gatal berbau. Setiap kali berhubungan seksual keluar sangat banyak, apakah berbahaya

VM Info Penanya: VM, Wanita, 24 Tahun
Dok saya wanita umur 24 tahun. Akhir-akhir ini saya sering keputihan berwarna putih kadang kecoklatan seperti gumpalan keju, kadang gatal dan berbau. Setiap kali saya berhubungan seksual dengan suami, keputihan itu keluar sangat banyak dan membuat saya tidak nyaman. Itu Berbahaya tidak dok? Obatnya Apa? Apakah yakult bisa digunakan untuk mengatasinya? Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam VM

Keluarnya keputihan kental seperti gumpalan keju yang gatal dan berbau menandakan adanya masalah flek yang disebabkan infeksi. Tanda khas dari keputihan bergumpal keju paling sering disebabkan oleh infeksi jamur/ candidiasis vulvovaginosis. 

Kondisi kandidiasis vulvoganosis sering terjadi pada ibu hamil, dalam kondisi imunitas yang lemah seperti memiliki riwayat diabetes militus dan HIV. Seseorang yang sedang dalam terapi antiinflamasi kortikosteroid juga beresiko mengalami kondisi ini. 

Selain infeksi jamur, keputihan kuning yang gatal dapat terjadi pada penyakit menular seksual gonorhea dan klamidia. Salah satu faktor resiko adalah riwayat kontak seksual yang berganti pasangan.

Untuk konsumsi probiotik pada kondisi infeksi jamur dalam beberapa laporan dijelaskan hasil yang berbeda. konsumsi probiotik pada infeksi jamur di mulut dan saluran pencernaan telah dilaporkan mampu mendorong perbaikan pasien, selain itu probiotik dilaporkan mampu membuat respon imun menjadi lebih baik. Sementara itu probiotik pada infeksi candidi di vagina sampai saat ini belum dijelaskan secara pasti manfaatnya.

Saya sarankan agar anda mencuci bersih vagina, hindari pemakaian sabun cebok vagina karena dapat menghilangkan flora normal sekitar alat kelamin yang memicu pertumbuhan bakteri. Selain itu sebaiknya anda menghindari memakai celana yang ketat dan kontak seksual selama masih terdapat keputihan yang berbau tersebut. 

Untuk terapi biasanya dokter memberikan antijamur flukonazol atau clotrimazol. Sebaiknya anda memeriksakan diri dahulu ke dokter spesialis kandungan agar memastikan benar terdapat infeksi jamur atau bakter. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda-tanda yang perlu diketahui

7 Tanda Infeksi Saluran Reproduksi, Nomor 4 Banyak Dialami Wanita!

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda yaitu keputihan abnormal, gatal pada kelamin, nyeri perut bagian bawah, nyeri menstruasi, ruam di selangkangan.