03 Feb 2021, 02:50Kulit & Kelamin

Keputihan berwarna coklat apa penyebabnya?

CS
Info Penanya: CS0
Slamat pagi dok, saya mau bertanya masalah keputihan berwarna coklat yang hampir 3minggu gak berhenti henti, tapi pada saat saya berhubungan intim dgn suami syaa, tibatiba kluar darah, padahal saya belom haid, dan kemudian saya berhenti , dan besoknya keputihan coklat datang lagi, dan hari ini lumayan bnayak dok, saya kira saya lagi datang bulan , itu kenapa ya dok????? mohon penjelasannya dok
163 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam CSKeputihan yang berwarna dan berbau tidak sedap bisa menjadi kondisi yang tidak normal yang menandai adanya suatu kondisi yang serius pada kesehatan organ reproduksi. Keputihan berwarna coklat dan disertai dengan nyeri perut bawah, nyeri dan kelaur darah saat berhubungan dan disertai dengan perdarahan yang tidak lazim bisa menjadi tanda yang mengarah pada keganasan atau kanker.Keputihan berwana coklat bisa juga menyerupai flek coklat. Flek coklat lazim terjadi saat menjelang haid atau bisa juga merupakan sisa darah haid yang masih menempel pada lapisan dalam rahim dan bisa lepas sewaktu-waktu. Sisa darah haid ini bisa hilang timbul atau terjadi hanya dalam 1-3 hari atau tidak menentu. Flek coklat atau bercak darah setelah berhubungan intim juga bisa keluar karena aktivitas seksual yang cukup intens, berulang kali atau kuat.Perlu diketahui pula berapa lama siklus haid dan kapanhari pertama haid terakhir anda. Perdarahan yang keluar bisa saja karena anda sedang haid yang disertai dengan nyeri haid dan gejala PMS 1 minggu sebelumnya.

Hal yang perlu diwaspadai pada keputihan atau flek kecoklatan

Beberapa hal yang perlu anda waspadai dan perlu ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin pada keadaan yang mengarah ke kondisi yang lebih serius adalah apabila:
  • Flek coklat keluar terus menerus tanpa henti
  • Keputihan berwarna kecoklatan disertai bau tidak sedap, bau busuk atau menyengat
  • Nyeri perut bawah hebat
  • Nyeri saat berhubungan
  • Perdarahan di luar siklus haid
  • Berat badan menurun tanpa sebab
  • Nafsu makan menurun, badan lemas, keliyengan, mual muntah hebat
  • Perut membesar seperti hamil tanpa sebab yang jelas
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
keputihangangguan menstruasiflek kecoklatankanker rahim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil