Haid tidak lancar dan keluar keputihan warna cokelat

DR Info Penanya: DR
Halo dok,saya mau bertanya. Umur saya 18 tahun dok, dari kemarin itu saya keluar keputihan warna coklat tak kirain haid tapi ternyata keputihan dan bentuknya spt lendir gitu dok, dan haid saya tidak lancar.kenapa ya dok? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DR.

Haid atau menstruasi adalah kondisi ketika darah keluar dari liang vagina, yang berasal dari dinding rahim yang luruh karena tidak ada proses pembuahan. Haid akan dialami seorang wanita secara teratur, normalnya setiap 21-35 hari. Siklus haid tersebut diatur oleh sistem hormon, sehingga jika ada hormon tubuh yang terganggu, maka siklus haid akan berubah.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan haid tidak teratur adalah:

  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal, seperti pil, implan, atau suntik
  • Hipotiroid
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Obesitas
  • Stres atau gangguan kecemasan
  • Olahraga berlebih
  • Malas atau tidak aktif bergerak sehari-hari
  • Pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi junk food

Sedangkan keputihan adalah lendir yang dihasilkan oleh vagina, yang normalnya berfungsi untuk melembabkan dan mencegah benda asing masuk ke vagina. Keputihan yang normal memiliki ciri-ciri tidak berbau, warna yang bening, serta tidak menggumpal.

Apabila keputihan berwarna cokelat atau kuning, dengan konsistensi kental atau menggumpal, maka hal tersebut kemungkinan tidak normal. Apalagi, jika vagina terasa gatal. Keputihan abnormal ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur.

Oleh karena itu, terkait kedua masalah yang Anda alami yaitu gangguan haid dan keputihan abnormal, sebaiknya Anda melakukan pola hidup sehat agar hormon seimbang (makan bergizi, tidur cukup, olahraga rutin, dan menghindari stres), serta menjaga kebersihan vagina. 

Apabila setelah tiga bulan berturut-turut Anda tak kunjung haid, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Dengan pemeriksaan, maka akan diketahui penyebab pasti dari keluhan Anda, dan dapat diberikan tata laksana yang sesuai.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.