Bagaimanakah haid yang normal?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya, saya menstruasi pada tgl 20 an selesai di tgl 24 lalu tgl 29tu saya dua kali ke air dan keputihan bewarna putih lalu tgl 30 siang saya merasa sprt kencing/haid yg dikit dan cepat kira saya keputihan biasa, pas saya cek ternyata bercak darah cair pikir saya apa haid lagi , dan pagi tgl 1 tadi tidak ada bercak darah hanya berck coklat dikit , siangnya hingga malem ini v saya mengeluarkan keputihan berwarna coklat gelap tidak berbau dan tidak gatal knp begitu bisa begitu ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menstruasi adalah sebuah perdarahan normal yang terjadi oleh setiap wanita sejak masa remaja hingga masa menopausenya. Perdarahan menstruasi biasa terjadi secara normal adalah 3-7 hari, dengan rata-rata wanita mengalami perdarahan menstruasi selama 3-5 hari. Saat menstruasi darah yang keluar bisa berupa bercak, bisa berupa gumpalan dan bisa berupa cairan kekentalan. Sedangkan siklus menstruasi normal pada wanita adalah 21 sampai dengan 35 hari yang dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini, sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.

Keputihan merupakan kondisi yang wajar terjadi pada wanita. Keputihan normal terjadi karena proses pertahanan tubuh (vagina) terhadap bakteri ataupun zat asing yang akan masuk ke dalam vagina. Keputihan yang normal terjadi umumnya berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Namun, keputihan yang berwarna, berbau serta menimbulkan rasa gatal pada wanita bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti:

Terkait dengan keluhan Anda, bisa disebabkan karena sisa dari menstruasi, atau bisa juga karena pengaruh hormonal. Untuk lebih memastikannya bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, menjaga kebersihan area kewanitaan, cukupi kebutuhan cairan harian, hindari stres dan lakukan istirahat cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski sama-sama membahas mengenai kesehatan reproduksi wanita, obstetri dan ginekologi ternyata memiliki fokus ilmu yang berbeda

Apa Perbedaan Obstetri dan Ginekologi?

Ginekologi adalah ilmu kedokteran yang fokus mempelajari organ reproduksi wanita, sedangkan obstetri adalah ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kehamilan dan persalinan.