08 Feb 2021, 19:48Kandungan

Apa yang menyebabkan timbul keputihan berwarna coklat ?

DY
Info Penanya: DY0
Halo Dok, saya izin bertanya. Saat ini usia saya 20 tahun, saya ingin bertanya terkait keputihan dengan warna cokelat gelap menyerupai darah. Kondisi tersebut pertama kali saya alami di bulan Januari 2021 kurang lebih dua minggu setelah saya menstruasi. Awalnya saya fikir waktu menstruasi saya maju tapi setelah saya lihat kalender hari itu merupakan masa ovulasi saya jadi saya berkeyakinan itu adalah keputihan yang berwarna. Apakah kondisi tersebut normal Dok? (tidak ada gejala lain)
635 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, D.Keputihan kerap dialami oleh wanita dimana keputihan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena diikuti oleh rasa gatal, keputihan yang berbau, dan keputihan dalam jumlah yang banyak. Keputihan juga dapat terjadi karena perubahan hormon dimana saat wanita akan menstruasi, setelah menstruasi atau pada saat adanya ransangan seksual, vagina mengeluarkan cairan berwarna putih bening, dalam jumlah yang sedikit dimana keputihan ini tidak disertai rasa gatal dan bau.

Apa yang menyebabkan timbul keputihan berwarna coklat ?

Keputihan normal terjadi saat seseorang sedang dalam masa subur dikarenakan faktor perubahan hormon. Keputihan normal seharusnya berwarna bening tanpa rasa gatal dan bau. Namun jika ada perlukaan di dalam vagina, baik pasca berhubungan seksual, penggunaan seks toys untuk masturbasi, menggaruk vagina, mencukur bulu kemaluan, membuat keputihan dapat bercampur dengan darah sehingga menyebabkan keputihan berwarna coklat. Keputihan berwarna coklat juga dapat disebbakan oleh infeksi saluran kemih dan infeksi serviks atau rahim.

Cara mengatasi keputihan berwarna coklat saat masa subur

Cara mengatasi keputihan berwarna coklat saat masa subur antara lain :
  • Istirahat dan hindari aktifitas terlalu berat.
  • Hindari berhubungan seksual dan memegang vagina serta menggunakan seks toys.
  • Menjaga kebersihan vagina.
  • Mencukur bulu kemaluan dengan hati-hati.
  • Menjaga kestabilan hormon dengan menerapkan hidup sehat.
  • Hindari menahan kencing dan basuh vagina dengan cara yang benar.
Jika keputihan berwarna coklat saat masa subur terus berlangsung dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa di perut, nyeri saat berkemih, tubuh demam, segera periksa ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
keputihanflek kecoklatankesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil