Keputihan bertahun-tahun warna putih susu, bagaimana cara mengatasinya?

WW Info Penanya: WW, Wanita, 19 Tahun
Dok saya keputihan sudah bertahun tahun. Keputihan saya cairannya kental warna putih susu. Saya takut jika nanti sampai bermasalah dg rahim. Saya pernah coba mengobati dg sirih, alhasil keputihn saya keluarnya jadi kering gitu. Apa masih bisa diobati dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WW

Keputihan itu sebetulnya berubah-ubah dari teksturnya, jumlahnya atau warnanya. Tergantung dari kondisi di dalam vagina serta periode siklus haid Anda. Misalnya setelah haid, keputihan akan lebih kering dan semakin lama semakin meningkat sampai dengan masa subur setelah itu akan kembali mengering sampai dengan haid.

Fungsi cairan keputihan adalah membersihkan organ Anda dari kuman dan sel yang sudah mati. Di dalamnya ada flora normal yang berisi bakteri baik serta jahat. Bila Anda menggunakan pembersih kewanitaan terlalu sering, bakteri baik bisa ikut hilang dan pada akhirnya keseimbangan bakteri jahat menjadi lebih banyak sehingga menimbulkan infeksi. Saya lampirkan artikel mengenai Perbedaan Keputihan Normal dan Radang Vagina.

Saat membersihkan vagina, gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi. Cukup membersihkan bagian luarnya saja. Jika keluhan keputihannya menjadi gatal dan berbau. Sebaiknya menemui Dokter untuk diberikan terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.