Keputihan berlebihan, bagaimana cara mengatasinya?

SF Info Penanya: SF, Wanita, 27 Tahun
Dok, untuk mengatasi keputihan yg berlebihan itu menggunakan apa ya? Ada obt.ny gak si?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keputihan berlebihan belum tentu tidak normal, karena jumlah keputihannya tergantung dari faktor hormonal dan kondisi tubuh Anda. Yang perlu dikhawatirkan bila selain keputihan yang tidak seperti biasanya, disertai juga dengan demam, nyeri perut, penurunan berat badan, mudah lelah dan sering kencing. Bila disertai gejala tersebut sebaiknya dibawa konsultasi ke Dokter.

Apa yang bisa Anda lakukan di rumah. Salah satunya dengan pencegahan menggunakan pakaian dalam yang longgar, bahan katun dan jangan menggunakan cairan pembersih kewanitaan karena akan meningkatkan jumlah keputihan. Karena selain mematikan bakteri jahat, cairan tersebut juga mematikan flora normal di dalam organ kewanitaan. Cukup menggunakan sabun tanpa parfum di bagian luar saja. Bila aktif secara seksual untuk sementara menggunakan kondom. 

Bila dari dokter diberikan antibiotik, Anda bisa mengkonsumsi yogurt yang mengandung probiotik. Dan Anda bisa juga menggunakan obat anti jamur yang dijual bebas karena infeksi pada keputihan yang paling sering disebabkan oleh jamur. Berikut artikel mengenai cara mengatasi keputihan di rumah. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit vagina bisa ditandai dengan keluhan gatal dan keputihan

Berbagai Penyakit Vagina Ini Bisa Picu Keluhan Gatal dan Keputihan

Gejala penyakit vagina umumnya berupa gatal, keputihan, dan iritasi. Gejala umum ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit yang berbeda. Mengenali gejala yang spesifik dan menjalani pemeriksaan medis akan mengantar Anda pada penyebabnya yang pasti sekaligus pengobatan yang tepat.