keputihan berlebih, sakit, bau amis dan kecoklatan

D Info Penanya: D, Wanita, 23 Tahun
Saya ingin bertanya?Hampir 2bulan lebih saya mengalami keputihan berlebihan dengan rasa sakit dan bau amis, lalu berubah menjadi kecoklatanTerkadang mengeluarkan darah seperti orang haid, dan kadang tidak sama sekali kadang seperti itu lagi,Itu kenapa ya dok???Saya belum menikah Kejadian itu setelah saya berhubungan seksual.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam D

Keputihan berlebih disertai sakit, bau amis dan warna kecoklatan dapat menjadi tanda infeksi alat kelamin. Dengan memiliki riwayat berhubungan seksual, maka penyebab masalah keputihan anda adalah infeksi menular sexual seperti gonorhea dan klamidia. 

Penyakit ini terjadi akibat kontak menular sexual yang terjadi saat berhubungan sex. 

Untuk tatalaksana saya sarankan agar anda mencuci bersih alat kelamin, hindari pemakaian obat cebok vagina dan menghindari aktivitas hubungan sexual beresiko. 

Tatalaksana lanjutan yang dapat diberikan anda pemberian antibiotik untuk infeksi menular sexual tersebut, sehingga anda harus berkonsultasi dengan dokter. Pasangan sexual anda juga menjadi penyebab transmisi penyakit ini, untuk itu pasangan anda juga harus menjalani pengobatan dengan dokter. 

Infeksi menular sexual juga meningkatkan resiko HIV, maka daripada itu hindari aktivitas sexual beresiko berganti pasangan. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kehamilan remaja memiliki risiko yang lebih tinggi dari kehamilan di usia yang matang

8 Risiko yang Dapat Terjadi pada Kehamilan Remaja

Kehamilan dapat terjadi pada remaja yang sudah menstruasi. Namun, kehamilan remaja memiliki risiko yang lebih tinggi dari kehamilan di usia matang (lebih dari 19 tahun). Kehamilan ini bahkan dapat membahayakan ibu maupun janin.