24 Dec 2020, 10:47Kandungan

Penyebab keputihan normal dan cara mengatasinya

LL
Info Penanya: LL0
Dok saya kemarin berhubungan intim sehari sesudah berhubungan intim saya mengeluarkan kan keputihan bergumpal apakah itu normal atau tidak normal dok
615 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Halo LL,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Saat berhubungan seksual terjadi penetrasi penis ke vagina. Penis yang tidak bersih, membuat kuman dan bakteri masuk ke vagina dan menginfeksi menyebabkan timbulnya keputihan. Keputihan ini dapat berupa keputihan yang normal ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih bening kekuningan, tidak berbau, dan tidak gatal. 

Penyebab keputihan normal dan cara mengatasinya

Penyebab keputihan normal dan cara mengatasinya antara lain karena rangsangan seksual, keputihan menjelang haid atau gejala PMS, keputihan setelah haid selesai, keputihan karena kelelahan dan stress. Keputihan yang normal umumnya tidak memerlukan terapi namun kebersihan organ intim wanita tetap harus dijaga dengan baik dengan membersihkan dan mengeringkan organ intim setelah cebok, mengganti pakaian dalam saat basah, tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, dan mencukur bulu kemaluan dengan hati-hati.

Penyebab keputihan tidak normal dan cara mengatasinya

Keputihan yang tidak normal ditandai dengan keputihan yang banyak berwarna putih seperti susu, disertai rasa yang sangat gatal, dan berbau amis. Penyebab keputihan ini dikarenakan jamur candida. Selain itu penyebab keputihan abnormal bisa karena Bakterial vaginosis yang diatndai dengan keputihan berwarna kecoklatan, berbau busuk, disertai gatal dan nyeri pada vagina. Keputihan ini biasanya terjadi setelah berhubungan seksual. Dokter akan memberikan resep sesuai dengan penyebab keputihan baik obat yang dimasukkan melalui vagina ataupun obat antibiotik oral.Jika keluhan keputihan yang Anda rasakan secara terus menerus, tidak membaik walau sudah menjaga kebersihan organ intim, diikuti rasa nyeri saat berkemih, dan nyeri perut bawah, maka segera periksa urin di dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas smebuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seksualtes kehamilankeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil