Keputihan berdarah, bagaimana solusinya ?

LA Info Penanya: LA, Wanita
Assalamualaikum dok ...Saya mau tanyak nih dok .saya mengalami keputihan bercampur darah sebelum dan sesudah haid dok.sampek sekarang masih kluar keputihan bercampur darah .seperti orang haid yg udah mau berhenti atau bersih ....mohon solusinya dok....terimakasih ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Waalaikumusalam LA.

Keputihan berdarah dapat merupakan keadaan yang normal maupun abnomal. Jika terjadi sesaat sebelum dan sesudah haid, keputihan bedarah masih tergolong kepada keadaan yang wajar terjadi. Namun apabila keputihan berdarah disertai dengan aroma yang tidak sedap, adanya perubahan warna darah yang signifikan, serta keluhan lainnya yang ditimbulkan pada vagina maka sudah tergolomg pada keputihan yang tidak normal dan perlu untuk diwaspadai.

Adapun beberapa faktor penyebab dari keputihan berdarah yang meliputi :

  • keadaan hormon yang tidak seimbang
  • infeksi pada saluran reproduksi seperti vaginitis, klamidia, hingga penyakit radang panggul
  • gangguan pada rahim, serviks ataupun ovarium seperti endometriosis, kista ovarium yang pecah, hingga keganasan atau kanker
  • penggunaan alat kontrasepsi atau KB
  • kehamilan
  • penyakit sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • gangguan pada kelenjar tiroid

Mengenai keputihan berdarah yang Anda alami, jika dalam beberapa waktu setelah haid lalu berhenti dengan sendirinya maka umumnya masih aman. Akan tetapi jika berlanjut maka mungkin terjadi karena salah satu kondisi medis diatas. Sementara ini, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi air rebusan jahe, kunyit dan ekstrak adas. Akan tetapi jika keputihan berdarah terus-menerus keluar hingga satu minggu setelah haid, maka sudah perlu diperiksakan pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertumbuhan Mioma Uteri biasanya tidak mengalami gejala dan dapat terjadi pada setiap wanita

Berbagai Macam Pengobatan Mioma Uteri untuk Penderita Penyakit Miom

Banyak wanita tidak menyadari keberadaan mioma uteri. Mioma uteri adalah pertumbuhan abnormal atau tumor di rahim. Karena tidak mengalami gejala, padahal setiap wanita memiliki risiko yang sama. Untuk penanganan mioma uteri, Anda dapat memilih 5 penanganan untuk mioma uteri.