Keputihan bercampur darah haid

SA Info Penanya: SA
Selamat malam dok , Sy baru selesai haid . Tp seminggu kmudian sy ada keputihan yg bercampur darah seperti haid tp hanya sehari dok . Lalu hari berikutnya sudah tdk keluar lg ..tp keluar keputihan yg berbauKira2 itu knp ya dok?Apakah itu jg termasuk tanda2 hamil?, tp skrg sy sedang menggunakan kb implanMohon dijawab ya dok ????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita sebagai upaya organ kewanitaan membersihkan diri dari sel mati ataupun benda asing, tetapi jika keputihan berubah warna ataupun berubah konsistensinya maka bisa merupakan hal yang tidak normal. Penyebab keputihan yang tidak normal sendiri bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, peradangan vagina, penyakit menular seksual ataupun gangguan organ reproduksi lainnya.

Apabila setelah haid terakhir kembali melakukan hubungan seksual maka kemungkinan hamil bisa terjadi. Tanda kehamilan sendiri bisa ditandai dengan gejala seperti:

Adanya flek darah atau bercak darah diluar masa menstruasi

  • Rasa tidak nyaman di payudara
  • Mual dan muntah seringnya di pagi hari
  • Ada keluhan mudah lelah
  • Rasa tidak nyaman di perut bawah
  • Lebih peka terhadap bau atau aroma tertentu

Jika ada riwayat hubungan seksual dan keluhan seperti ini, bisa coba diperhatikan di siklus haid bulan ini apakah nanti terlambat atau tidak. Jika terlambat maka perlu dilakukan pemeriksaan tes kehamilan menggunakan alat testpack.

Jika keputihan semakin banyak, gatal, timbul bau khas, nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seksual, terjadi perubahan warna keputihan menjadi kekuningat, kehijauan atau putih kental maka bisa merupakan infeksi dan bukan tanda kehamilan.

Jika timbul seperti itu perlu dilakukan upaya seperti membersihkan area kewanitaan menggunakan air hangat, hindari sabun pembersih khusus kewanitaan, hindari penggunaan pakaian yang ketat, dan periksakan pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan sesuai penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bentuk rahim normal memiliki satu rongga di tengah dengan dua saluran terbuka di kanan dan kiri

Waspadai Berbagai Bentuk Rahim Abnormal Ini

Bentuk rahim normal pada dasarnya menyerupai buah pir yang terbalik. Akan tetapi, sebagian wanita memiliki kelainan pada bentuk rahimnya. Apa saja kelainan tersebut?