Keputihan bercampur darah apakah berbahaya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya kalau keputihan bercampur darah itu bahaya ga dok. .ini hari k 16 semenjak saya haid. D masa subur saya keputihan malah bercampur darah dok. Kmren sehabis haid seminggu sudah bersih. Dan skrg keluar lagi keputihan warna merah. Saya memang ada keluhan dok d saat saya berdiri dan kecapean kaya ada benjolan d perut mendekat vagina dok dan ini sudah bbrapa tahun blakangan dok. Apa memang keputihan berdarah ini karna efek benjolan saya dok? ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal yang bisa di alami oleh setiap wanita. Keputihan biasanya akan muncul saat wanita dalam usia masa subur, atau wanita yang akan menstruasi. Keputihan yang normal adalah keputihan yang tidak bewarna, tidak berbau dan berjumlah tidak terlalu banyak.

Keputihan yang perlu di waspadai adalah keputihan yang berubah warna, bisa bewarna kuning, hijau, hitam bahkan berdarah, dan berbau yang tidak sedap seperti bau amis dan berjumlah banyak dan keluar setiap saat.

Beberapa penyebab keputihan yang bercampur darah :

  • Ada sisa darah saat menstruasi
  • Penyakit menular seksual
  • Iritasi saat setelah berhubungan seksual
  • Kanker serviks
  • Kanker endometrium
  • Wanita dengan Polycistic Ovarim Syndrom (PCOS)
  • Penggunaan kontrasepsi tertentu seperti IUD
  • dll

Karena banyaknya penyebab dari keputihan yang bercampur darah, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit dan kelamin untuk memastikan penyebab dari keputihan yang Anda alami. Apalagi jika disertai dengan demam, nyeri perut yang dirasakan terus menerus. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan organ intim, segera ganti pakaian dalam jika dirasakan sudah lembab.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila celana dalam terlalu ketat, maka organ intim rentan mengalami iritasi

Tidak Pakai Celana Dalam Saat Tidur Bukan Jorok, Justru Baik!

Tidak pakai celana dalam saat tidur bisa jadi momen favorit organ reproduksi Anda di bawah sana. Selain bisa 'bernapas', organ intim Anda justru terhindar dari infeksi jamur jika Anda going commando.