09 Aug 2020, 13:09Kandungan

Keputihan bercampur darah, apa penyebabnya?

A
Info Penanya: A0
Selamat siang dok, saya wanita berusia 22 tahun belum menikah dan belum pernah berhubungan seksual. Dua bulan terakhir di luar masa menstruasi saya keputihan dan bercampur darah cukup banyak (tidak bisa dikatakan bercak) slma 3 hari. Setahun lalu saya pernah mengalami hal yang sama tetapi dulu hanya bercak kecoklatan, saya sudah periksa dan di usg. Dikatakan saya baik baik saja dan dikasih obat.Yang mau saya tanyakan kenapa hal ini terulang dan malah darah yang keluar ya dok? Apakah bahaya?
6781 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, A.Keputihan adalah lendir yang diproduksi oleh vagina. Dalam jumlah normal, lendir tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban serta mencegah benda asing masuk ke dalam vagina. Keputihan yang normal biasanya berwarna bening, tidak berbau, dan tidak menggumpal.Apabila keputihan bercampur darah dan berwarna kemerahan, maka bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, misalnya kondisi infeksi seperti bakterial vaginosis atau kandidiasis, ketidakseimbangan hormon karena stres atau kelelahan, maupun penyakit tertentu seperti kista ovarium.Walaupun Anda sudah pernah mengalami ini sebelumnya, kondisi ini dapat berulang apabila penyebabnya terjadi lagi. Jadi, ada baiknya Anda selalu menjaga kebersihan vagina dan melakukan pola hidup sehat agar hormon tetap seimbang, dengan cara-cara berikut:
  • Mencuci bersih vagina setelah buang air besar dan buang air kecil
  • Menggunakan celana dalam yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat
  • Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik pada vagina
  • Rutin berolahraga
  • Melakukan manajemen stres, seperti rutin yoga atau meditasi
Apabila dengan cara-cara di atas kondisi ini berulang, atau Anda mengalami perdarahan lebih dari 14 hari berturut-turut, segera periksakan ke dokter spesialis kandungan ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
keputihanflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil