Keputihan, apakah penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 16 Tahun
jika mengalami keputihan berlebihan kenapa ya dok?, dan bagaimana cara mengatasi masalah keputihan tersebut?. jika setiap hari mengalami keputihan apakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Keputihan pada wanita yang terjadi setelah haid wajar dilami oleh wanita. Keputihan yang normal terjadi pada wanita adalah keputihan yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menimbulkan rasa gatal pada vagina dan sekitarnya. Sedangkan, keputihan yang berwarna kehijauan, kekuningan, berbau tidak sedap, timbul rasa gatal dan atau disertai nyeri pada perut bawah bisa disebabkan oleh adanya kondisi medis tertentu.

Adapun beberapa penyebab dari keputihan di antaranya adalah:

Terkait dengan pertanyaan Anda, keputihan bisa disebabkan oleh kondisi yang telah disebutkan di atas. Untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari keputihan yang Anda alami  dan mengetahui kondisi keputihan Anda termasuk yang normal atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat agar mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Agar terhindari dari keputihan yang tidak normal, tips yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Gunakanlah pakaian yang terbuat bahan kain yang lembut dan menyerap keringat
  • Jaga kebersihan area kewanitaan
  • Usahakan untuk monogami
  • Hindari penggunaan sabun khusus kewanitaan, karena dapat menyebabkan flora normal pada vagina menghilang dan memperburuk kondisi keputihan
  • Tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Gantilah pakaian dalam Anda secara rutin 2-3 kali dalam sehari

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu obat jamur kuku alami yang bisa Anda coba di rumah adalah tea tree oil

Daftar Obat Jamur Kuku Paling Ampuh Dari Bahan Alami Hingga Resep Dokter

Obat jamur kuku digunakan untuk mengatasi infeksi jamur kuku. Selain pemberian obat dari dokter, infeksi jamur kuku bisa ditangani dengan obat jamur kuku dari bahan-bahan alami. Apa saja pilihannya?