Keputihan berwarna coklat saat masa subur, apakah wajar ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Dok ingin bertanya. Saya berumur 18 tahun dan belum menikah. Beberapa hari belakangan ini saya mengalami keputihan berwarna coklat dan juga bertepatan saat saya sedang masa subur. Saya tidak mengalami kram atau nyeri. Apakah ini hal yg wajar? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, D.

Keputihan secara normal merupakan cairan pembersihkan, pelembap, dan pelindung vagina dari keadaan iritasi dan infeksi. Pada umumnya, keputihan yang normal tersebut memiliki ciri berwarna bening atau putih dan konsistensinya beskisar antara lengket hingga berair. Hak tersebut dapat bergantung pada fase siklus menstruasi.

Adapun berbagai tipe keputihan sesuai dengan fase pada siklus menstruasi, diantaranya ialah :

  • keputihan sebelum menstruasi : berwarna putih kekungingan
  • keputihan setelah menstruasi : berwarna sedikit kecoklatan karena bercampur dengan sisa darah pada vagina
  • keputihan saat ovulasi : berwarna bening dan konsistensinya agak cair, tetapi elastis
  • keputihan setelah ovulasi : berwarna putih dengan konsistensi yang tebal dan lengket

Mengenai kepurihan berwarna coklat saat masa subur yang Anda alami umumnya wajar dan merupakan keadaan yang masih dalam batas normal. Pasalnya masa subur umumnya terjadi setelah haid dan darah sisa haid masih dapat tersisa dan bercampur dengan keputihan yang terjadi saat ovulasi. Selain itu saat masa ovulasi pengaruh hormon pun dapat menyebabkan timbulnya keputihan berwarna kecoklatan.

Selama tidak ada keluhan lainnya, dan tidak berkelanjutan, umumnya keadaan yang Anda alami masih aman. Untuk mencegah keadaan infeksi, hindarilah menggunakan sabun pembersih vagina yang dijual bebas, karena dapat mengganggu flora normal vagina dan konsumsilah makanan dan minuman sumber probiotik.

Apabila keputihan berwarna coklat tersebut sering terjadi dan disertai adanya keluhan nyeri perut, gatal ataupun perih pada bagian vagina, ada baiknya untuk diperiksakan secara langsung pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan

Ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid dan Tanda-tandanya

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan. Untuk itu, Anda dapat menghitung sendiri dengan kalender masa subur dan memerhatikan tanda-tandanya.