Keponakan mengalami sakit virus gie genta, apakah itu?

KC Info Penanya: KC, Wanita, 27 Tahun
Dok saya mau nanya nie keponakan saya kok sakut virus gie genta itu apa yaa dok mohon penjelasanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KCF.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Infeksi virus yaitu keadaan saat virus menginvasi tubuh dan menyerang sel-sel tubuh. Virus dapat menyerang ke berbagai lokasi sel atau organ tubuh tergantung pada jenis atau tipe virus tersebut. Umumnya, virus dapat menyerang otak dan sistem saraf, sistem peredaran darah dan pembuluh darah, saluran pernafasan, saluran pencernaan, organ hati, kulit, hingga sistem kekebalan tubuh.

Walaupun gejala yang ditimbulkan dari infeksi virus dapat berbeda-beda tergantung lokasi dan tipe virus yang menginfeksi, umumnya inveksi virus akan menimbulkan gejala keseluruh tubuh (bersifat sistemik) seperti, demam tinggi yang sulit turun dengan penggunaan obat penurun demam, nyeri pada sendi dan otot bahkan dapat ke seluruh tubuh atau di sekitar organ dan lokasi tempat virus menyerang, sakit kepala, mual muntah, penurunan nafsu makan, ruam pada kulit, dan lain-lain.

Pengobatan pada infeksi virus pun tergantung pada jenis virus yang menginfeksi. Beberapa infeksi virus yang ringan dapat sembuh sendiri apabila daya tahan tubuh baik, dan pada infeksi virus berat, ada pula yang sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Obat-obatan umumnya diberikan hanya untuk mengurangi gejala dan mencegah perburukan.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah berbagai infeksi virus :

  • Melakukan vaksin sesuai dengan anjuran pada peraturan Kemenkes nasional
  • Pola hidup yang sehat (makanan sehat dan perbanyak minum air putih, tidur cukup, aktivitas fisik yang sesuai) untuk mempertahankan keadaan imun dalam keadaan baik
  • Jauhi asap rokok, dan kebiasaan yang dapat mempermudah infeksi virus

Mengenai jenis infeksi virus yang menyerang keponakan Anda, sebaiknya Anda melakukan konfirmasi ulang kepada dokter pemeriksa agar mendapatkan informasi yang lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.