18 Sep 2021, 01:28Kandungan

Robek selaput dara pastikah tidak perawan?

HD
Info Penanya: HD0
Dok saya mau bertanya kalo penis cuman di msukin cuman setengah penis tapi tidak mengeluarkan cairan di dlam vagina apakah masih perawan atau tidak
166 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat pagi, HD.Keperawanan merupakan hal yang dianggap suci dan tabu pada budaya Timur, khususnya Indonesia. Hal ini biasanya menjadi topik yang sensitif bagi kaum perempuan. Namun keperawanan itu bukanlah istilah medis, sebutan ini merupakan stigma masyarakat terhadap selaput dara. Mari kita bahas mengenai selaput dara.Selaput dara atau hymen adalah selaput membran tipis yang menutupi lubang vagina. Namun lubang ini tidak sepenuhnya tertutup, ada lubang kecil seperti bulan sabit yang berfungsi mengeluarkan cairan darah pada saat menstruasi. Sifat selaput ini elastis dan kuat sehingga dapat meregang dan kembali mengecil.Banyak sekali fakta mengenai selaput dara ini.
  • Tidak semua wanita memiliki selaput dara
  • Ada wanita yang tidak memiliki lubang pada selaput daranya
  • Adanya robekan selaput dara. Ini yang sering menjadi perbincangan, karena penyebab robeknya selaput dara tidak hanya melalui penetrasi tapi bisa karena aktivitas olahraga seperti berkuda, bersepeda, senam. Bahkan dapat disebabkan karena masturbasi.
  • Tidak selamanya darah keluar sebagai tanda hilang keperawanan. Robeknya selaput dara tidak selalu disertai dengan keluarnya darah, ada beberapa kasus tidak keluarnya darah dan ini normal.
  • Robeknya selaput dara tidak selalu menimbulkan rasa sakit
Bila ingin mengetahui lebih lanjut apakah ada robekan ada selaput dara maka dapat memeriksakan diri secara langsung kepada dokter spesialis kandungan. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
kelamin perempuanmasturbasiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil