16 Jun 2021, 15:12Kulit & Kelamin

Pertanyaan mengenai keperawanan

HM
Info Penanya: HM0
Dok ingin bertanya, kalau misalnya berhubungan intim, tetapi memakai kondom, lalu mengeluarkan spermanya diluar, apakah itu masi perawan bagi wanita?
285 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang HM,Keperawanan adalah istilah yang memiliki beragam definisi dan penafsiran. Tetapi satu yang pasti adalah apabila sudah melakukan hubungan seksual berarti sudah tidak perawan, beberapa definisi malah menyebutkan apabila sudah dimasukan benda apapun tidak terbatas kelamin pria saja sudah bisa dikatakan tidak lagi perawan.Jadi apabila sudah berhubungan seksual, meskipun tidak ada sperma yang dikeluarkan di dalam tetap dikatakan tidak lagi perawan. Apabila mendengar istilah perawan adalah ketika berhubungan berdarah itu tidak tepat, karena jika berpatokan pada perdarahan selaput dara bisa saja saat pertama kali melakukan hubungan seksual tidak terjadi perdarahan, hal ini disebabkan oleh:
  • Selaput dara yang bentuknya beragam
  • Selaput darah yang lebih elastis
  • Ukuran kelamin pria yang beragam
  • Selaput dara robek karena aktivitas selain hubungan seksual seperti olahraga sepede, berkuda, naik motor, jatuh dan lainnya

Cairan preejakulasi bisa menyebabkan hamil

Selain itu, berhubungan seksual walapun mengeluarkan sperma di luar, jika tidak menggunakan pengaman seperti kondom atau pil KB tetap memiliki kemungkinan terjadinya kehamilan. Hal ini karena selama berhubungan seksual bisa ada cairan preejakulasi yang keluar dan membuahi sel telur. Jadi jika terlambat haid bisa coba dilakukan pemeriksaan testpack untuk mengetahui apakah hamil atau tidak. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan sekskelamin perempuanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil