13 Feb 2021, 08:27Kulit & Kelamin

Apakah perdarahan setelah masturbasi tanda tidak perawan?

TA
Info Penanya: TA0
Saya kemaren memasukkan jari ke vagina dok.. Tetapi kok bisa ad darah mengalir... Saya cek tidak ad sobekan / seperti biasa soalnya sblum saya masukkn saya pernah melihat kedalam vagina saya. Pendarahannya kenapa ya dok..? Apakah saya tidak perawan lgi.?
114 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, TATerima kasih atas pertanyaannya.Istilah keperawanan identik dengan wanita yang belum menikah dan belum pernah melakukan aktivitas seksual apapun.  Tetapi ada pula yang mempercayai bahwa perawan itu adalah wanita yang pernah melakukan aktivitas seksual tetapi tidak sampai hubungan intim secara penetrasi dengan kata lain selaput dara masih utuh.  Padahal seperti yang diketahui, selaput dara secara normal tidak utuh seluruhnya, ada lubang yang berfungsi sebagai tempat untuk keluarnya darah haid. Memasukkan jari ke vagina termasuk dalam aktivitas seksual yang bertujuan mencapai kepuasan seksual.  Masturbasi tidak dilarang namun dianjurkan tidak terlalu sering dan pastikan kebersihannya karena memasukkan jari ke vagina berpotensi memindahkan bakteri dan kuman di tangan pada organ reproduksi sehingga berisiko infeksi. 

Penyebab perdarahan dari vagina :

  • Robekan pada selaput dara.
  • Perlukaan akibat gesekan berlebihan pada kelamin.
  • Radang kelamin akibat infeksi bakteri, jamur, dan virus.
  • Flek akan haid.
  • Adanya gangguan pada rahim.
Perihal pertanyaan anda, bila ini pertama kali anda memasukkan jari ke vagina maka kemungkinan ada robekan pada selaput dara sehingga menimbulkan perlukaan dan darah keluar.  Untuk melihat kedalam vagina tidak dapat dengan mata telanjang, memerlukan pemeriksaan memakai alat khusus sehingga bila anda khawatir, anda dapat periksa ke dokter spesialis kandungan untuk melihat apakah perdarahan karena robekan selaput dara atau ada faktor lain. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkandidiasis vaginavaginosis bakterirobekan himen vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil