Bagaimana menilai keperawanan seorang wanita?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 17 Tahun
Dok sya ingin tau, bagaimana membedakan yg msh perawan atau tidak ny sedangkan pernah berhubungan ny sudah lewat bertahun tahun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Keperawanan adalah konsep norma sosial yang beredar di masyarakat luas dan bukan kondisi medis. Jadi, dalam dunia medis tidak ada istilah untuk mendiagnosa orang tersebut masih perawan atau tidak. Arti keperawanan itu sendiri berbeda-beda setiap orang dan dipengaruhi oleh agama, adat, dan lingkungan sosial setiap orang. 

Keperawanan identik dengan aktivitas hubungan seksual. Jika seorang wanita sudah pernah melakukan hubungan seksual, maka wanita tersebut sudah tidak perawan lagi. Padahal faktanya, aktivitas hubungan seksual disini bukan hanya berkaitan dengan penetrasi penis ke vagina saja, namun termasuk tindakan fingering, petting, masturbasi, dan onani.

Mitos yang beredar di masyarakat mengenai tes keperawanan yaitu, utuh tidaknya selaput dara, vagina berdarah saat melakukan hubungan seks pertama kali, dan adanya orgasme pada wanita saat berhubungan seks pertama kali. Mitos-mitos diatas jika dilihat dari segi medis tidaklah akurat. Untuk itu, belum ada seorang pun yang dapat menguji keperawanan seorang wanita bahkan seorang dokter atau tenaga kesehatan pun tidak dapat menentukannya. Yang tahu Anda masih perawan atau tidak yaitu diri Anda sendiri. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi terlentang biasa lebih disarankan ketika berhubungan seks saat hamil muda

Amankah Berhubungan Seks saat Hamil Muda? Ini Jawabannya!

Berhubungan seks saat hamil tidak membahayakan janin. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya, misalnya posisi bercinta, riwayat keguguran, dan pasangan menderita penyakit menular seksual.