11 Jun 2020, 23:00Penyakit Lainnya

Apa itu keperawanan?

LM
Info Penanya: LM, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau bertanya, apakah anak kecil sekitar kelas 3 atau 4 SD jika berhubungan sex dengan anak laki" yg di bawah a bisa tidak perawan lagi?
9771 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, L.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Keperawanan atau virginitas sering dikaitkan dengan robeknya selaput dara dan keluarnya darah pada saat malam pertama. Padahal, itu merupakan hal yang sulit diketahui kebenarannya. Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai keperawanan seorang wanita. 

Fakta seputar keperawanan

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai keperawanan. Berikut penjelasannya:
  • Selaput dara yang rapat menandakan keperawanan. Faktanya, selaput dara tidak benar-benar tertutup sehingga masih dapat mengeluarkan darah haid. 
  • Tidak semua wanita harus mengeluarkan darah saat pertama kali berhubungan seksual. 
  • Saat melakukan malam pertama, tidak semua wanita akan merasakan sakit. Sehingga, itu tidak bisa dijadikan patokan apakah wanita tersebut sudah tidak perawan lagi atau masih perawan. 
  • Selaput dara yang robek bukan berarti sudah melakukan pernah melakukan hubungan seksual. Bisa saja akibat trauma (jatuh dari pohon, mengendarai sepeda, senam, berdansa).
  • Pecah perawan pasti akibat penetrasi ke vagina. Faktanya, hubungan seks bukan hanya soal penetrasi penis ke vagina. Namun, oral sex dan anal sex merupakan bagian dari hubungan seksual. 
  • Tidak semua perempuan punya selaput dara.
Dari segi medis, tidak ada istilah keperawanan dinilai dari kondisi selaput dara seorang wanita.Terkait dengan pertanyaan Anda ini, jika ada seorang wanita sudah pernah melakukan hubungan sex otomatis wanita tersebut sudah tidak perawan lagi karena sudah pernah melakukan hubungan seks (anal sex, oral sex, penetrasi penis ke vagina). Tetapi, untuk masalah selaput daranya, apakah masih bagus atau tidak, saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kandungan. Salam sehat,dr. Ester
sekskesehatan wanitaorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil