Mengapa kepala terasa pusing dan melayang setiap bangun dari tidur?

RD Info Penanya: RD, Pria, 14 Tahun
Saya remaja yg masih berusia 14 th dan belakangan ini selama seminggu lebih saya selalu mengalami gejala kepala pusing dan melayang,pandangan menjadi gelap otak saya seperti sedang blank (tidak bisa melakukan apa apa selama bbrp detik) setiap bangun dari posisi berbaring atau tidur apakah ada tips untuk mengurangi gejala tsb, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RD.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pusing adalah keadaan dimana muncul sensasi melayang, berputar atau tidak seimbang. Pusing merupakan suatu gejala adanya masalah pada tubuh kita. Pada beberapa orang keluhan pusing dapat dapat dirasakan saat tubuh kita melakukan perpindahan posisi, contohnya dari duduk ke berdiri.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan pusing diantaranya adalah kelelahan, pola makan yang tidak baik sehingga asupan nutrisi tidak tercukupi, pola istirahat yang tidak baik seperti sering begadang atau terlalu banyak tidur, ataupun gangguan medis lain seperti darah rendah (hipotensi), kekurangan darah atau (anemia), gangguan penglihatan, keadaan dehidrasi (kekurangan cairan), dan lain sebagainya.

Tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan tersebut adalah sebagai berikut: 

Jika keluhan dirasakan tidak membaik, segera sampaikan kepada orang tua agar dapat mengantar anda ke dokter atau klinik terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan serta diberikan tatalaksana dengan tepat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terapi minus dapat menjadi pilihan untuk memperbaiki kemampuan penglihatan pada anak.

Terapi Mata Minus, Solusi Efektif untuk Mengatasi Mata Minus pada Anak

Terapi mata minus dapat dipilih sebagai cara untuk memperbaiki kemampuan penglihatan pada anak. Pada anak dengan rabun jauh, terapi mata minus yang efektif untuk anak adalah menggunakan kacamata. Mata minus pada anak harus segera ditangani karena dapat berisiko menimbulkan berbagai gangguan mata.