Kepala terasa melayang setelah minum obat hipertensi apa wajar?

S Info Penanya: S
Dok,anak saya umur 13 tahun,dia menderita hipertensi,waktu diperiksa ke dokter dia dikasih obat penurun tensi,terus waktu saya tanya katanya setelah minum obat dia ngerasa kepala nya terasa melayang sampe hampir pingsan,apakah ini efek samping obat hipertensi atau bukan ?,kalau misal iya berapa lama durasi efek samping nya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S,

Hipertensi adalah penyakit di mana tekanan darah melebihi nilai normal, yang seringnya terjadi pada orang dewasa, namun beberapa kasus juga bisa terjadi pada usia anak-anak.

Beberapa penyebab hipertensi pada anak-anak:

  • Faktor keturunan.
  • Obesitas.
  • Glomerulonefritis. Akan dijumpai urin bercampur dengan darah.
  • Sindrom nefrotik. Akan muncul keluhan urin yang berbusa dan sering bengkak di wajah dan kaki saat bangun tidur.

Perihal keluhan anak Anda yang merasa kepala terasa melayang, ringan dan mau pingsan bisa saja disebabkan tekanan darahnya terlalu rendah, karena tubuh juga perlu adaptasi dengan obat tekanan darah tinggi yang baru saja di minum atau akibat terlambat makan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kembali ke dokter yang meresepkannya, untuk pengukuran kembali tekanan darahnya dan penyesuaian kembali dosis obatnya.

Sementara yang dapat anak Anda lakukan untuk mengatasi kepala yang terasa melayang tersebut adalah:

  • Banyak berbaring dan tidur dulu. Hindari banyak aktivitas jalan karena takutnya tidak seimbang dan akan jatuh.
  • Banyak minum air putih.
  • Obat hipertensinya dihentikan dulu.
  • Pastikan untuk makan secara teratur, karena kadar gula yang rendah juga bisa menyebabkan keluhan kepala terasa ringan dan hampir pingsan.

Segera pastikan kondisi anak Anda ke dokter yang sebelumnya memeriksan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sindrom nefrotik terjadi ketika terlalu banyak protein yang keluar lewat urine

Mengenal Sindrom Nefrotik, Kelainan Ginjal yang Bisa Berakibat Fatal

Sindrom nefrotik adalah gangguan pada ginjal yang membuat tubuh mengeluarkan terlalu banyak protein melalui urin. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan parah jika tidak segera ditangani.