Kepala terasa melayang, pandangan gelap saat bangun dari posisi duduk/berbaring. Apa penyebabnya?

PB Info Penanya: PB
Dok saya ingin bertanya.Saya laki² berumur 31th. Saya sering mengalami kondisi setelah bangun dr posisi duduk atau tiduran, kepala serasa melayang, pandangan gelap, dan tidak bisa melakukan apa² sekitar beberapa detik seperti blank total. Apakah termasuk kdalam gejala anemia? Trimakasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PB

Keadaan yang anda alami dalam bahasa medis disebut syncope yaitu kondisi penurunan kesadaran sementara akibat aliran darah ke otak yang berkurang. Seringkali akibat tekanan darah terlalu rendah dan kadar oksigen di otak berkurang karena jantung tidak cukup memompa darah. Bisa suatu gejala ringan atau adanya suatu kondisi klinis tertentu.

Pada kasus ringan bisa akibat kepanasan, dehidrasi/kurang cairan, terlalu banyak berkeringat, atau keletihan. Namun bisa juga akibat kondisi klinis pada jantung seperti gangguan irama jantung atau sumbatan pada aliran darah. Sedangkan gangguan pada persarafan juga bisa mengakibatkan syncope, ketika ada pemicu seperti nyeri atau stres emosional yang mengakibatkan respon dari otak yang mengatur tekanan darah dan detak jantung. Biasanya diawali dengan mual, melayang, atau gangguan penglihatan.

Sebaiknya anda memeriksakan diri ke Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan rekaman jantung (ECG) dan laboratorium untuk memeriksa kadar Hemoglobin sebagai pertanda anemia (kadar Hemoglobin dibawah normal).

Saya lampirkan artikel Apa yang Menyebabkan Orang Sering Pingsan? untuk informasi tambahan

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar terhindar dari berita bohong, perkaya diri Anda dengan memahami fakta dan mitos kesehatan terkait penyakit jantung

Sayangi Diri dengan Pahami Fakta dan Mitos Kesehatan terkait Penyakit Jantung Ini

Peringatan Hari Jantung Sedunia dapat menjadi pengingat, untuk senantiasa menyayangi organ yang sangat vital ini. Menyayangi jantung juga dapat dilakukan dengan memperkaya diri dengan pengetahuan, mengenai kesehatan jantung. Di antaranya, dengan memahami fakta dan mitos kesehatan mengenai penyakit jantung.