Kepala terasa berputar, diperberat dengan perubahan posisi kepala, apa penyebabnya?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 18 Tahun
Dok saya punya keluhan di bagian kepala,sdah 2 hari ini tiap saya menoleh ke atas penglihatan saya berputar seakan" mau jatuh,dan tidurpun klo saya menghadap kekiri itu di kamar kyk berputar juga bawaan nya mau munta dok..di tambah keringat juga dok..klo boleh tau itu penyakit apa yah.?mohon jawabanya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R.

Terimakasih telah bertanya, saya akan menjawab pertanyaan Anda.

Keluhan kepala terasa berputar dikenal dengan istilah vertigo. Vertigo adalah suatu persepsi dimana dirasakan sensasi berputar, melayang, atau mengambang, dapat diperberat dengan perubahan posisi kepala, dan seringkali mempengaruhi keseimbangan. Sensasi tadi pun dapat disertai dengan gejala seperti mual/muntah, nyeri kepala, berkeringat, dan gangguan pendengaran.

Adapun ada beberapa penyebabnya, seperti :

  • Vertigo vestibular, seperti BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo), Labirinitis dan Gangguan pada telinga bagian dalam lainnya.
  • Vertigo non vestibular, seperti polineuropati, trauma leher, hipotensi, hiperventilasi dan tension headache.

Untuk mendiagnosisnya, dokter spesialis THT-KL akan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan, dan akan memberikan terapi pengobatan apabila keluhan tidak berkurang. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengurangi keluhan, seperti :

  • Manuver Brand Daroff dan Epley
  • Hindari perubahan posisi kepala secara tiba-tiba
  • Segera duduk bila Anda merasa pusing
  • Hindari perasaan gelisah dan stres, karena akan memperburuk keluhan

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Syarifah Chaula Amrina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing merupakan suatu kondisi yang menimbulkan rasa tidak nyaman

5 Cara Menghilangkan Pusing Tanpa Obat

Pusing dapat menimbulkan sensasi berputar dan kehilangan keseimbangaan saat berdiri atau berjalan. Biasanya, sebagian orang langsung mengonsumsi obat untuk meredakan pusing. Namun, ada beberapa cara mengatasi pusing yang dapat Anda lakukan selain mengonsumsi obat, misalnya melakukan gerakan epley atau mengonsumsi jahe.