Kepala sangat sakit terutama kalau habis tiduran

EM Info Penanya: EM, Wanita, 24 Tahun
Dok, kepala saya sangat sakit terutama kalau habis tiduran lalu bangun, terasa sangat berat dan seperti ditekan. Lalu kulit saya sakit kalau diusap. Itu semua gejala apa ya dok? Dan apa obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EM,

Keluhan sakit kepala dapat dipicu oleh beberapa hal dimana sakit kepala sendiri ada dua tipe yaitu sakit kepala primer yang tidak dipengaruhi oleh penyakit lain seperti sakit kepala tegang, migrain dan sakit kepala cluster ataupun sakit kepala yang dipicu oleh penyakit lain atau sakit kepala sekunder seperti disebabkan sakit gigi, radang sinus, infeksi telinga, tekanan darah tinggi, dan beragam penyebab lainnya.

Jika sakit kepala terasa berat ketika terjadi perubahan posisi hal ini bisa dipicu oleh otot yang tegang, darah rendah, anemia ataupun penyebab lain. Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa hal seperti tidak terlalu lama tidur, tidak berubah posisi terburu-buru, lakukan peregangan dan relaksasi otot, mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, batasi konsumsi kafein, perbanyak minum air putih, hindari paparan matahari terlalu lama, dan tidak melewatkan waktu makan.

Jika tidak ada perubahan dan keluhan sering berulang, sakit kepala bertambah hebat, disertai muntah atau demam maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter agar diketahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.