Kepala sakit saat perubahan posisi, apa saja penyebabnya?

FA Info Penanya: FA
Dok,kenapa ya setiap hendak bangun dari posisi duduk atau dari posisi tidur kepala sakitt sekali, udah hampir dua minggu mengalami Hal seperti ini
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selama sore, F

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sakit kepala adalah kondisi dimana timbul rasa tidak nyaman pada sebagian kepala atau seluruh kepala. Kondisi ini bisa disebabkan karea masasalah kebiasaan pola hidup sehari-hari atau bisa juga karena kondisi medis yang lainya.

Adapun beberapa penyebab sakit kepala secar tiba-tiba di antaranya adalah:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, penyebab sakit kepala bisa dikarenakan oleh beberapa kondisi yang telah disebutkan. Untuk dapat memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter terdekat, telebih keluhan ini sudah Anda rasakan selama 2 minggu dan belum membaik.

Saat dilakukan pemerisaan dokter akan melakukan wawancara mendis, pemeriksaan fisik yang meliputi pengukuran tanda vital, serta beberapa pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah bilamana diperlukan.

Untuk mengurangi kekambuhan sakit kepala, lakukan hal berikut:

  • Hindari perubahan posisi secara tiba-tiba
  • Berpegangan dengan orang lain / tiang / dinding bila hendak melakukan perubahan posisi karena dikahwatirkan Anda terjatuh
  • Konsumsi makanan sehat bergizi
  • Perbaiki jam tidur Anda, dan gunakanlah bantal yang nyaman saat tidur
  • Lakukan olahraga ringan berupa stretching / peregegangan otot

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia pada bayi baru lahir dapat menyebabkan berbagai masalah

Penyakit Anemia Sel Sabit Ternyata Dapat Diturunkan pada Bayi

Beberapa penyakit dapat diturunkan oleh orangtua pada bayinya, termasuk anemia sel sabit. Anemia sel sabit membuat sel darah merah yang harusnya berbentuk bulat menjadi seperti sabit. Anemia pada bayi dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah pembengkakan di kaki dan tangan.