Gejala yang muncul pasca tipes

SN Info Penanya: SN, Wanita, 18 Tahun
dok saya mau konsultasi keadaan yang dialami sama temen saya... dok temen saya sering terkena tipes dan ternyata dia darah sel putih nya kelebihan dia sudah sering mengkomsumsi obat dan alhamdulillah dia sudah sembuh tapi dia sering ,merasa pusing di bagian kepala saat malam hari dan sering merasa sakit pada bagian mata terus menerus ...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Tipes atau demam tifoid merupakan suatu penyakit infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Gejala dari penyakit ini yaitu demam, sakit kepala, nyeri pada otot, mulut pahit, dan mual muntah. Dari hasil laboratorium, akan terjadi peningkatan sel darah putih dan dari hasil tes widal akan terjadi peningkatan dari nilai normalnya. Pengobatan dari demam tifoid itu sendiri yaitu dengan pemberian antibiotik dan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa kembali sembuh total.

Gejala yang teman Anda alami ini kemungkinan karena proses dari penyembuhan tipesnya. Untuk itu saya sarankan, teman Anda bisa melakukan tips berikut ini agar gejalanya berkurang:

  • Perbanyak istirahat.
  • Mengkonsumsi makanan yang lunak dan bergizi (perbanyak sayur dan buah-buahan terutama buah yang mengandung banyak vitamin C).
  • Mengkonsumsi air putih yang banyak.
  • Minum vitamin.
  • Konsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti paracetamol.
  • Membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan.

Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan unuk kembali memeriksakan diri ke dokter agar dapat dievaluasi kembali kondisinya.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bronkopneumonia pada anak merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada balita

Bronkopneumonia pada Anak, Penyakit “Pembunuh” yang Perlu Diwaspadai

Bronkopneumonia pada anak terjadi ketika ada peradangan dalam paru-paru, idealnya bisa sembuh setelah 3 minggu. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada balita.