Nyeri kepala belakang dan keluar darah dari gigi, kenapa?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok disini saya mau bertanya Kenapa kepala bagian belakang sakit disertai denga keluarnya darah dari gigiTerima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA.

Sakit atau nyeri adalah sensasi tidak menyenangkan yang pernah dirasakan oleh siapa saja, yang bisa terasa seperti diremas, ditusuk, ditekan, dan lain-lain. Nyeri bisa dialami di bagian tubuh mana saja, termasuk belakang kepala. Penyebab nyeri belakang kepala bervariasi, misalnya nyeri kepala tipe tegang, peningkatan kadar kolesterol, atau terlalu banyak menunduk.

Sedangkan gigi berdarah bisa disebabkan karena penyakit gigi atau gusi. Misalnya, gigi berlubang, abses gigi, ataupun gingivitis (radang gusi). Kondisi ini terjadi karena kebiasaan menyikat gigi yang tidak teratur, sehingga terjadi penumpukan sisa makanan yang bercampur dengan bakteri, kemudian mengikis lapisan gigi atau menginfeksi gusi.

Terkait keluhan yang Anda sampaikan, kedua keluhan ini bisa berhubungan ataupun tidak. Anda bisa saja menderita dua penyakit dalam waktu yang sama, yang penyebab masing-masingnya telah disampaikan di atas. Kemungkinan lainnya adalah satu penyakit yang menimbulkan dua gejala tersebut, misalnya demam berdarah dengue.

Untuk itu, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan laboratorium yang dibutuhkan. Dokter akan memberikan terapi yang tepat atau menyarankan Anda ke dokter spesialis lain, sesuai dengan penyebab penyakit Anda.

Sementara, lakukan hal ini di rumah:

  • Berkumur dengan air garam
  • Menghindari mengunyah makanan yang bertekstur keras
  • Beristirahat dan tidak begadang
  • Kurangi pemakaian gadget yang membuat posisi leher menunduk

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.