25 Dec 2020, 03:26Kepala

Penyebab kepala pusing berputar setelah bangun tidur

AN*
Info Penanya: AN*0
dok , saya mau nanya,saya tadi tidur jam 11 malem, terus bangun - bangun udah jam 5 sore, baru kali itu saya tidur selama itu, dan setelah bangun tiba2 mata saya seperti berputar2 dan kepala saya pusing. nah ternyata udh seharian,tapi masih sama aja. setiap saya rukuk atau menghadap kepala saya ke bawah pasi selalu sama. tapi kalo berativitas biasa sih normal2 aja hanya sedikit merasa pusing. kira-kira kenapa ya dok ?
1338 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, M.Setiap orang dewasa membutuhkan waktu tidur yang berkualitas sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari. Kualitas tidur yang baik yaitu tidur tidak disertai mimpi buruk, terbangun-bangun saat tidur, sulit untuk memulai tidur, sering terbangun di malam hari, bangun tidur dengan perasaan tubuh yang lelah, dapat dicapai jika seseorang menerapkan pola hidup dan pikiran yang sehat.

Penyebab kepala pusing berputar setelah bangun tidur

Penyebab kepala pusing berputar setelah bangun tidur antara lain :
  • Gejala vertigo dicetuskan oleh perpindahan posisi yang tiba-tiba dari tiduran ke berdiri tanpa didahului duduk terlebih dahulu. Perpindahan posisi ini memicu pergerakan cairan yang ada di dalam telinga bagian tengah yang pada akhirnya akan mencetuskan pusing, penglihatan bergoyang, telinga berdenging, serta mual. Saat terkena gejala vertigo, sebaiknya Anda segera duduk dengan perlahan, coba untuk menutup mata, dan menarik nafas panjang.
  • Hipotensi ortostatik atau penurunan tekanan darah yang tiba-tiba saat seseorang berdiri membuat aliran darah di otak dan jantung berkurang, darah turun menuju kaki dengan cepat, sehingga menimbulkan pandangan kabur dan buram. Gejala ini akan membaik dengan sendirinya saat posisi sudah stabil.
Keluhan kepala pusing yang Anda rasakan dapat membuat rasa tidak nyaman terutama saat beraktifitas, untuk itu coba untuk istirahat namun tidak tidur terlalu lama. Karena tidur terlalu lama juga tidak baik untuk tubuh. Pelan-pelan saat berpindah posisi termasuk saat rukuk dan sujud. Konsumsi parasetamol untuk mengurangi pusing dengan dosis 3 x 500 mg setelah makan. Jika keluhan tidak membaik, bertambah pusing, diikuti dengan mual dan muntah, telinga berdenging, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gangguan tidurvertigopola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil