Kepala pusing dan mual pada saat bangun tidur, apakah karena tidak mandi pagi?

A Info Penanya: A, Wanita, 24 Tahun
Saya mau tanya nih dok,kenapa ya saya itu kalo bangun dari tidur suka pusing terus mual mual gitu,apa gara2 saya nggak mandi waktu pagi ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terimakasih atas pertanyaannya.

Saya yakin walaupun anda tidak mandi pagi tetap tampil cantik dan wangi, tidak seperti saya. Apa mungkin yang disebelah anda yang perlu mandi? Jadi pada saat anda tidur, posisi lambung, kerongkongan dan mulut sejajar sehingga memudahkan asam lambung kembali ke kerongkongan dan bisa mengakibatkan mual dan pusing. Apakah anda suka makanan asam atau pedas, kemudian anda sedang program diet sehingga waktu makan anda menjadi panjang. Selain meningkatkan asam lambung, kadar gula darah anda juga bisa terganggu sehingga anda menjadi pusing.

Pusat pengatur keseimbangan terdapat di telinga, bila terjadi perubahan posisi kepala seperti berbaring ke duduk bisa mengakibatkan vertigo. Sehingga dianjurkan tidak bangun tiba-tiba terutama pada yang memiliki riwayat tekanan darah rendah karena aliran darah ke otak juga bisa kurang mendadak saat berubah posisi. 

Apakah anda sudah menikah? Karena pusing dan mual di pagi hari bisa saja tanda morning sickness. Efek hormonal dari kehamilan, penggunaan kontrasepsi atau siklus haid yang terganggu.

Sebaiknya evaluasi langsung dengan Dokter untuk memastikan penyebabnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya bawalah suplemen vitamin C ketika mudik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tips Sehat Saat Mudik, Ini Daftar Obat yang Perlu Dibawa

Persiapkan obat-obatan ketika mudik. Daftar obat yang perlu dibawa yaitu obat mual, obat demam, suplemen vitamin C, obat untuk pencernaan dan obat maag.