Kepala penuh ketombe, kemerahan, menyebar ke dahi, tangan dan punggung. Bagaimana solusinya?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 23 Tahun
Assalamualaikum. dok sdh 3 tahun kepala adik saya penuh ketombe. Awalnya hanya sedikit dan lama kelamaan menyebar 1 kepala, kulit kepala juga berwarna merah. Kemudian warna merah kulit menyebar ke dahi, tangan, belakang. Sudah pernah berobat ke dokter kulit. Klu salepnya dipake, ketombe dan warna merahnya membaik tapi klu sdh habis kembali lagi.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ketombe memang kondisi penyakit kulit kepala yang bersifat kronis. Disebabkan karena kulit berminyak dan teriritasi, kurang sering menggunakan shampoo, jamur yang membuat kulit kepala radang dan meningkatkan pertumbuhan kulit kepala serta tidak cocoknya produk yang digunakan sehingga mengakibatkan dermatitis kontak.

Ketombe lebih sering dialami pria terutama sekitar usia puber. Tidak semua shampoo sama ada kandungan tertentu pada setiap produk. Zinc pyrithione bersifat antibakteri dan antijamur, tar mengurangi pertumbuhan kulit kepala, asam salisilat mengurangi kulit kepala mengelupas, selenium sulfida mengurangi kulit kepala yang mati dan mengurangi jamur. Ketoconazole adalah antijamur.

Kontrol kembali dengan Dokter Kulitnya tanyakan produk shampoo yang dianjurkan untuk adik Anda. Serta memastikan penyebab ketombenya apakah infeksi bakteri, infeksi jamur, kutu rambut, dermatitis kontak, psoriasis atau alergi. Selain itu jangan terlalu sering menggaruk kulit kepala karena membuat semakin iritasi dan merah. Kemudian anjurkan adik Anda untuk mencari kegiatan mengurangi stres. Berikut artikel mengenai ketombe dan dermatitis seboroik

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.