Kenapa bisa ada luka di kepala penis?

TS Info Penanya: TS, Pria, 1 Tahun
ASALAMUALAIKUM .... DOKTER SAYA MAU TANYA KENAPA KEPALA PENIS SAYA LUKA SEPERTI BENJOLAN KECIL DAN AGA SEDIKIT BER AIR KUNING TERANG MUNGKIN ADA NANAH ... NAMUN ITU TIDAK SAKIT .... INI TERJADI SETELAH ADANYA LECET DI LEHER PENIS SAYA .... UNTUK OBAT NYA APA BISA PAKE SALEP ?? DAN NAMA OBAT NYA APA ? KARNA SAYA MALU UNTUK PERGI KE DOKTER ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TS,

Adanya luka atau benjolan di kepala penis adalah gejala yang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi kulit, reaksi alergi, iritasi kulit, ataupun karena penyakit menular seksual. Dalam hal ini apabila tidak ada riwayat hubungan seksual sebelumnya maka kemungkinan penyakit menular seksual dapat dihilangkan tetapi jika ada riwayat seksual terutama riwayat seksual tidak aman dan dengan lawan jenis yang tidak diketahui riwayat kesehatannya maka dapat mungkin mengarah pada infeksi atau penyakit menular seksual.

Adanya benjolan di penis sendiri bisa disebabkan oleh infeksi kulit seperti infeksi virus seperti herpes, molluscum contagiosum, pearly papule penile ataupun karena infeksi bakteri seperti sifilis, folikulitis, infeksi parasit seperti kutu rambut kelamin, reaksi alergi dan iritasi. Untuk mengetahui pastinya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter spesialis kulit dan kelamin dimana akan dilakukan wawancara medis mengenai keluhan yang dialami, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diperlukan seperti misalnya tes sampel cairan, kerokan kulit ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Hindari memecahkan atau memberikan pengobatan tanpa pemeriksaan dokter terlebih dahulu karena bisa memicu reaksi iritasi ataupun efek samping yang bisa membuat keluhan menjadi lebih berat. Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh, dan lakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti pasangan dan gunakan pengaman seperti kondom. Nantinya pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab terjadinya benjolan dan cairan yang timbul baik dengan obat minum, obat oles ataupun penyuntikan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setelah prosedur sunat dewasa dilakukan, wajar apabila seseorang akan merasakan penis seperti bengkak

Ini yang Harus Dilakukan Saat Pemulihan Setelah Sunat Dewasa

Ada banyak pertimbangan seseorang melakukan sunat ketika sudah besar, terutama terkait masalah kesehatan. Setelah sunat dewasa, sebaiknya beri waktu 10 hari untuk pemulihan.