Apa solusi untuk binitik kecil bernanah di kepala?

R Info Penanya: R
Dok Ibu saya kn abis jatuh dari motor terus kepala nya kaya infeksi gitaSekarang ada bintik² kecil kaya ngumpulin nanahSolusi nya bagaimana ya dokTerima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Adanya ruam kulit dan bintik kecil bernanah di kepala adalah tanda ada nya infeksi pada kulit. Hal ini bisa diawali dengan adanya luka akibat terjatuh sebelumnya. Jika ada bintik kecil berisi nanah bisa juga disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut atau disebut folikulitis. Untuk itu perlu dipastikan penyebabnya sebelum diberikan penanganan yang tepat.

Jika keluhan disertai tanda peradangan seperti bengkak, kemerahan, rasa nyeri ataupun semakin menyebar atau makin luas bisa menandakan adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan demam.

Penanganan sendiri akan diberikan baik untuk mengatasi gejala dan juga penyebabnya seperti dengan pemberian obat minum ataupun obat oles berisi antibiotik. Perlu juga dilakukan perawatan luka terlebih jika nanah pecah dimana perlu dijaga agar tetap kering dan bersih agar proses penyembuhan luka lebih cepat.

Upayakan tidak menggaruk atau memecahkannya dan segera periksakan pada dokter atau dokter kulit agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.