Kepala berat, kurang nafsu makan dan demam di malam hari. Apakah gejala tifus?

CG Info Penanya: CG, Pria, 5 Tahun
Selamat sore dokter, saya mau bertanya sudah satu minggu ini tubuh saya aneh dok saya merasa lemas, kepala agak berat dan kurang nafsu makan, kemudian setiap sore sampai kira2 jam 10-11 an malem badan saya akan menjadi panas dan meriang, tapi setelah lewat jam 11an panasnya turun lagi sampe siang, itu kenapa ya dok apakah itu gejala typus ? sekdar informasi saya juga selama ini masih bisa memaksakan kerja sbg pegw di gudang salah satu minimarket terkenal yg sebenernya pekerjanya lumayan berat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, CG

Gejala yang Anda alami umum dirasakan bila Anda mengalami peradangan atau infeksi. Bila demam di malam hari bisa karena kuman aktifnya di malam hari. Dan salah satu kuman yang memiliki pola demikian adalah tifoid/tifus. Apabila Anda sudah merasakan selama satu minggu terakhir maka saran saya temui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti laboratorium. Karena tidak menutup kemungkinan adanya infeksi lain seperti virus dengue.

Dari pekerjaan Anda yang cukup berat secara fisik, bisa juga gejala keletihan sehingga badan lebih rentan di malam hari. Dan gejala-gejala tersebut timbul saat tubuh sedang tidak fit. Sehingga saran saya istirahat harus cukup, banyak minum dan makanan yang bergizi agar keluhannya cepat membaik. Saya lampirkan artikel mengenai Cara Membedakan Gejala DBD dari Penyakit Lain Seperti Tifus.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

CG
13 Oct 2019, 22:43
Terimakasih atas penjelasanya dok
WK
11 Nov 2019, 00:28
Dok saya tdi siang setelah fitness tiba2 kelelahan dan badan saya panas, lalu bgian mata saya terasa panas, setelah rebahan saya pada malam hari ini tiba2 menggigil dan mencari obat panadol, panas saya 38 derajat saja, tetapi disertai pusing tpi tidak berat dan kelelahan. Saat merasa kedinginan tangan dan kaki saya sangar dingin setelah minum panadol tiba2 saya kepanasan dan berkeringat. Apakah ini gejala db? Dan bgaimana penanganan smntara?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

DBD ternyata lebih rentan terjadi pada lansia

Demam Berdarah Dengue, Penyakit yang Harus Diwaspadai oleh Lansia

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. DBD ternyata lebih rentan terjadi pada lansia. Hal ini disebabkan efek penuaan memberikan dampak negatif pada sistem kekebalan tubuh lansia. Selain itu, diabetes juga mempermudah lansia terkena DBD.