Kepala belakang dekat leher terasa sakit dan pusing tiba-tiba. Apa penyebabnya?

GH Info Penanya: GH, Pria, 21 Tahun
Dok mau nanya ,Kepala bagian belakang deket leher sering pusing tiba tiba & rasanya sakit banget ,itu kenapa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, GH

Nyeri kepala di kepala bagian belakang dan leher serta dahi, terasa seperti ditekan, dijepit atau diikat. Disebut juga sakit kepala tegang atau nyeri kepala stres. Bisa berlangsung selama 30 menit atau sampai beberapa hari dan lebih sering di siang hari. Gejala lainnya seperti sulit tidur, merasa lelah, mudah marah, sulit fokul, pegal linu serta sedikit sensitif terhadap cahaya atau suara. 

Berbeda dengan sakit kepala migren, yang disertai gejala saraf lainnya. Misalnya kelemahan otot atau gangguan penglihatan. Serta jarang membuat nyeri perut, mual atau muntah.

Nyeri kepala biasanya dimulai dari belakang dan menjalar ke depan, seperti ada yang mengikat di sekeliling kepala serta membuat otot leher, bahu dan rahang terasa pegal dan nyeri. Sering dipicu oleh stres, bisa di rumah, sekolah, keluarga, sahabat atau hubungan.

Nyeri pada otot leher dan kepala bisa juga akibat kurang istirahat, postur yang buruk (banyak membungkuk), stres emosional (termasuk depresi), cemas, kelelahan, lapar serta gangguan kesehatan rongga mulut.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan obat nyeri yang tersedia bebas, menghindari pemicu nyeri kepala, mengatasi stres, mandi air hangat, kompres dingin serta menjaga postur tubuh yang baik. Hindari juga kopi, stop merokok, makan yang teratur, olahraga teratur, serta tidur yang cukup. Bila keluhan berlanjut, sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter.

Jangan Sembarang Obat, Ini Cara Mengobati Sakit Kepala yang Tepat

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gondongan adalah infeksi virus yang memengaruhi kelenjar penghasil air liur

Virus Ternyata Jadi Penyebab Gondongan

Gondongan adalah infeksi virus yang memengaruhi kelenjar penghasil air liur. Gejala gondongan dapat dilihat dari pembekakan di area pipi dan rahang. Salah satu penyebab gondongan adalah penggunaan barang bersama.