Kepala bayi peyang sebelah, bagaimana mengatasinya?

YD Info Penanya: YD, Wanita, 21 Tahun
Kepala bayi peyang gimana cara mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YD,

Kepala bayi yang peyang adalah terjadi perubahan bentu kepala menjadi tidak rata pada salah satu sisi kepala bayi. Kondisi ini sering kali terjadi pada bayi yang baru lahir seiring pertumbuhan bayi.

Penyebab kepala peyang.

Kondisi bentuk kepala peyang bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Tidur pada satu posisi dalam waktu panjang
  • Bayi lahir prematur
  • Bayi mengalami gangguan otot leher saat lahir
  • Pada kasus yang jarang bisa terjadi penyatuan tulang kepala yang lebih cepat

Jika usia bayi dibawah 6 bulan, masih bisa memperbaiki bentuk kepala bayi yang peyang dengan cara menjaga posisi tidur bayi dan perhatikan alas kepala yang digunakan. Upayakan merubah posisi kepala agar tidak terlalu lama di salah satu sisi. Bisa juga digunakan helm khusus atau terapi fisik khusus jika diperlukan.

Perlu diketahui juga bahwa bentuk kepala hanya berpengaruh pada penampilan saja, tetapi tidak berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan anak, kecerdasan anak dan lainnya.

Upayakan untuk selalu memeriksakan anak setiap bulannya ke posyandu agar tumbuh kembangnya bisa dipantau. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan juga perkembangan anak apakah sesuai dengan usia. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vaksin meningitis adalah tindakan paling efektif dalam mencegah meningitis pada bayi atau anak

4 Langkah Efektif Mencegah Meningitis pada Bayi dan Anak-Anak

Penyakit meningitis adalah penyakit yang mematikan untuk anak-anak. Suntik vaksin meningitis, imunisasi PCV, hingga cara alami seperti menaikkan daya tahan tubuh merupakan beberapa tindakan yang membantu mencegah meningitis pada bayi atau anak-anak.