Kepala bagian atas sakit, badan kadang demam dan perut kembung

IN Info Penanya: IN, Wanita
Halo dok.. Saya Nabila, 20 th mau bertanya.. Sebelumnya, di awal bulan Juli kemarin.. Saya di larikan ke UGD RS POLRI, nnahh disitu katanya tensi darah saya tinggi terus ada radangnya juga.. Nnahh, dari hari minggu yang lalu saya ko ngerasa.. Kepala saya bagian atas nyut2an, badan saya kadang demam kadang nggak, perut rasanya kembung.. Sampai hari minggu sekarangpun masih ngerasain hal yang sama dok.. Mohon informasinya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, IN.

Terima kasih sudah bertanya di SehatQ,

Anda merasakan keluhan kepala berdenyut setelah pernah di diagnosis darah tinggi bisa kemungkinan dari darah tingginya berulang. Orang yang pernah terkena darah tinggi, walaupun sudah normal keadaannya sekarang, akan terjadi peningkatan tekanan darah tinggi yang berulang. Disebut darah tinggi jika tekanan darah diatas 140/90 mmHg. Tekanan darah di istilahkan sebagai "PER" jika Anda kecapekan, kurang istirahat, stress berat bisa menyebabkan melonjaknya "PER" tekanan darah. Tetapi jika Anda dalam posisi istirahat, atau tidur makan "PER" tekanan darah tersebut akan normal. Jadi Anda harus kontrol rutin setiap minggu tekanan darah Anda.

Penyebab lain kepala berdenyut yaitu:

  • Migrain. yaitu sakit kepala sebelah atau sebagian kepala.
  • Tension tipe headache. yaitu sakit kepala seluruh kepala termasuk sakit kepala di leher.
  • Cluster headache. yaitu sakit kepala yang terfokus nyeri hebat pada bagian dekat mata.
  • Kolesterol meningkat. yaitu kadar kolesterol diatas 200 mg/dl.

Untuk keluhan perut kembung bisa disebabkan oleh asam lambung meningkat,maag atau peradangan usus. Untuk mencegahnya Anda sebaiknya banyak makan-makanan yang lembut terlebih dahulu seperti bubur atau nasi yang berkuah, kurangi makan pedas dan berpenyedap, dan konsumsi antasid untuk curiga sam lambung meninkat.

Untuk pelanganan demamnya, sebaiknya Anda ukur tempertatur tubuh Anda, disebut demam jika temperatur diatas 38,5 C. dan jiak diatas 38,5 C Anda bisa lakukan yaitu 1. kompres dengan air hangat di dahi, ketiak dan selangkangan 2. Konsumsi air minimal 2 Liter perhari 3. Konsumsi obat penurun panas yang aman seperti paracetamol.

Jika keluhan Anda tidak berkurang dalam 3 hari, sebaiknya Anda periksa keluhan Anda ke dokter spesialis penyakit dalam agar mengetahui penyebab pasti keluhan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.