Ciri-ciri penis yang normal

EA Info Penanya: EA, Pria, 24 Tahun
Selamat malam dok, saya ingin betanya apakah ada gejala atau sebuah penyakit kah dan bisa d sembuhkan kah , saya punya kepala alat vital berwarna merah ke pink pinkan, sejak saya sunat di usia duduk kelas 5 SD hingga kini alat vital saya masih berwarna merah, apakah ini hal yg wajar atau sebuah penyakit dok.. mohon balasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kondisi penis yang sehat memang merupakan idaman semua pria. Penis yang sehat bukan hanya dinilai saat performa seorang pria di tempat tidur, tetapi juga dinilai dari fungsi dan kondisinya sehari-hari. Mulai dari ukuran hingga saat ereksi, semua ini saling berkaitan terhadap kesehatan organ intim pria. 

Ada beberapa ciri penis yang sehat yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pria, yaitu:

  • Warna: penis memiliki warna kecoklatan atau kemerahan. Bahkan lebih terang dari bagian tubuh yang lain. Itu hal yang wajar dan normal.
  • Tekstur: penis memiliki permukaan yang tidak mulus karena ada beberapa pembuluh darah yang timbul dan itu normal. Terkadang timbul papul atau kutil kecil di sekitar kepala penis, itu hal yang wajar dan bukan sesuatu yang berbahaya. 
  • Ukuran: ukuran normal penis saat ereksi 12-19 cm, sedangkan saat sedang 'layu' 5-10 cm. 
  • Bentuk: penis memiliki sedikit lekukan walaupun saat ereksi. Ini merupakan hal yang normal.
  • Kulit kulup penis: kulit kulup terdapat pada pria yang belum disunat. Penting untuk menjaga kebersihan kulit kulup penis agar tidak terjadi infeksi.
  • Ejakulasi. Saat ejakulasi, normalnya penis akan mengeluarkan air mani. 
  • Senitivitas penis akan menurun dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. 

Terkait dengan kondisi penis Anda, itu merupakan hal yang normal dan wajar. Bukan tanda dari suatu penyakit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sperma berdarah bisa membuat para pria khawatir

Penyebab Sperma Berdarah yang Harus Anda Waspadai

Hematospermia atau sperma berdarah menjadi masalah yang menyeramkan bagi para pria. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun hal ini juga tak selalu menandakan masalah serius.