Keong sawah apakah berbahaya jika tidak dicuci terlebih dahulu?

F Info Penanya: F, Pria
Apakah keong sawah berbahaya kalau taruh dikulkas sebelum dicuci
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

Keong sawah adalah hewan yang dianggap sebagai hama terutama untuk tanaman. Meskipun begitu, hewan dengan nama latin Pila ampullacea ini bisa dijadikan alternatif makanan dimana memiliki sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh seperti:

  • Mengandung protein
  • Mengandung lemak
  • Mengandung sejumlah vitamin
  • Mengandung mineral
  • Mengandung serat
  • dan nutrisi lainnya

Keong sawah sendiri jika ingin dikonsumsi perlu diolah dengan baik, mulai dari pencucian sebelum diolah atau disimpan, perlu dimasak sampai benar-benar matang dan dihidangkan dengan cara yang baik dan bersih. Hal ini disebabkan karena keong sawah merupakan inang dari beragam jenis parasit seperti penyebab infeksi cacing, misalnya cacing jenis schistosoma, echinostoma, angiostrongylus, alaria, strongyloides, dan jenis parasit lain.

Untuk itu saat membersihkannya pun sebaiknya menggunakan sarung tangan dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Apabila tidak dicuci dulu atau tidak disimpan dengan baik terutama di dalam kulkas bisa berisiko mengkontaminasi kulkas dan bahan pangan lain.

Nantinya juga keong sawah atau tutut perlu diolah sampai benar-benar matang agar tidak ada lagi parasit yang masih hidup di dalam daging keong sawah yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bakteri Escherichia Coli alias E. coli bisa picu banyak penyakit

Seputar Escherichia Coli dan Gangguan Kesehatan yang Ditimbulkannya

Bakteri Escherichia Coli alias E.Coli bisa memcu berbagai penyakit di tubuh, seperti keracunan makanan, diare, hingga gagal ginjal dan infeksi saluran kemih. Infeksi ini cukup sering terjadi sehingga Anda perlu lebih waspada.