Kenapa bisa kencing terus menerus?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok, saya sekarang sekarang ini sering sekali mengalami beser apalgi tiap malem dan disaat cuaca seperti ini sy sering beser. apa hal yg harus saya lakukan agar sy tidak sering sekali beser atau apakah hal tersebut wajar? saya takut sekali apabila ini dpt mengganggu kondisi kesehatan saya. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SM,

Beser adalah kondisi sering kencing, dimana hal ini bisa disebabkan oleh faktor cuaca dingin, infeksi saluran kemih, kebiasaan minum banyak air sebelum tidur, batu ginjal, atau infeksi saluran kemih.

Pada infeksi saluran kemih, selain frekuensi kencing yang meningkat, juga disertai keluhan nyeri seperti tidak tuntas, ingin kencing terus, nyeri ketika kencing, hingga kencing disertai dengan darah. Sedangkan pada batu ginjal akan muncul keluhan berupa nyeri ketika kencing, nyeri pinggang yang hilang timbul, dan frekuensi kencing yang menjadi lebih sering.

Sementara yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan sering kencing adalah :
  1. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas setiap hari.
  2. Hindari kebiasaan menahan kencing.
  3. Basuh area kelamin dari arah depan ke belakang, dan selalu dikeringkan.
  4. Hindari memakai celana yang terlalu ketat.
  5. Hindari sabun yang mengandung pewangi.
  6. Usahakan selalu kencing sebelum tidur.
  7. Hindari berganti-ganti pasangan seksual untuk mencegah penularan infeksi menular seksual seperti gonore atau klamidia.
  8. Gunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Bila keluhan berlanjut, ada baiknya cek urin di lab dan tunjukkan hasilnya ke dokter sekalian periksa. Bila hailnya normal, terkadang butuh pemeriksaan USG untuk lebih memastikan penyebabnya bila curiga ada batu ginjal.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NW
12 Jan 2020, 22:43
Iya ibu saya juga mengalami yang sama tapi sampai muntah nya keluar itu gejalanya apa ya
Dibalas oleh ZK
13 Jan 2020, 02:04
Sakit gak kak kalo dibuat kencing?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada pria

Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Gejala infeksi saluran kemih (ISK) merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, ISK pada saluran kemih bagian atas bisa berbahaya. Salah satu gejala infeksi saluran kemih ialah keinginan buang air kecil terus menerus. Selain mengonsumsi antibiotik, langkah pencegahan infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan menyeka air dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus ke vagina dan uretra.