kencing terus menerus diikuti nyeri serta adanya bercak puti di urin, sakit apakah itu>

FA Info Penanya: FA, Wanita, 16 Tahun
Halo dok saya mau nanya tenatang keuhan yang saya alami saat ini. Saya terus menerus kencing saat kencing daerah sensitif rasannya perih dan panas, lalu urinya ada bercak putih gitu. ini gangguan apa ya dok, dan apa obatnya?Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FA, 

Munculnya bercak putih pada urin bisa disebabkan beberapa kondisi dari yang ringan hingga berat.

Beberapa kondisi yang menyebabkan adanya bercak putih di urin serta keluhan lainnya adalah :

  1. Kehamilan, kondisi ini dipicu dengan hormon yang meningkat sehingga lendir dalam organ intim terkadang keluar bersama urin.
  2. Bakterial Vaginosis, hal ini disebabkan bakteri dan ditandai dengan adanya gatal pada vagina, rasa panas saat kencing dan ada bercak putih di urin.
  3. Penyakit menular seks, misal gonorhoe dan sifilis
  4. Penyakit batu ginjal
  5. Kandidiasis vulvovaginal atau jamur di vagina
  6. Peradangan pada prostat pria
  7. Infeksi saluran kemih (ISK) ditandai dengan sering kencing, terkadang menggigil, terasa nyeri atau panas saat kencing serta urine berubah warna.

Dengan melihat keluhan yang Anda sampaikan, maka penyakit Anda lebih mengarah ke poin 7 yakni ISK. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis urologi agar dokter melakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Bersama ini saya sertakan artikel Kenali gejala ISK pada wanita untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di Indonesia, usia legal menikah masih jauh lebih muda, dibanding usia ideal menikah pada pria ataupun wanita

Ini Usia Ideal Menikah! Bisa Jadi Jawaban Kalau Ditanya, "Kapan Kawin?"

Usia legal menikah di Indonesia tergolong sangat muda, yaitu 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Padahal, usia ideal menikah sebenarnya jauh lebih tinggi, daripada usia tersebut. Pada saat menikah di usia muda, terdapat risiko seperti komplikasi saat hamil, hingga perceraian.